Stop! Inilah 5 Efek Bahaya Tidur Berlebihan

silahkanSHARE.com | Setiap manusia tentunya sangat membutuhkan waktu istirahat. Waktu istirahat yang baik adalah ketika kita sedang tidur, karena tidur adalah waktu istirahat paling alami.. Namun, jangan sampai  tidur yang berlebihan. Tidur berlebuhan ternyata memiliki efek yang sangat mrugikan bagi tubuh dan mental.

Menurut National Sleep Foundation, anjuran lamanya tidur untuk orang dewasa adalah antara 7-9 jam setiap malam. Nah, ketika tubuh merasa sangat lelah, kadang kita dengan mudah tidur dalam waktu yang lama, bahkan sampai lebih dari 10 jam. Apalagi kesempatan untuk tidur berlama lama memang ada. Bila kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus maka tubuh akan berisiko mengalami masalah kesehatan akibat kebanyakan tidur.

Tidur berlebihan atau lebih lama dari waktu tidur yang dianjurkan disebut dengan istilah hipersomnia. Menurut situs WebMD, ada dua faktor yang mempengaruhi terjadinya hipersomnia, yakni depresi dan status sosioekonomi yang rendah.

 Efek Bahaya Tidur Berlebihan.

Gejala Hipersomnia

Menurut The Sleep Doctor, sesorang didiagnosa mengalami hipersomnia bila ditemukan gejala gejala berikut:

  • Tidur lebih lama dari biasanya setiap malam (lebih dari 9 jam).
  • Susah untuk bangkit dari tempat tidur di pagi hari.
  • Mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi.
  • Sering merasa mengantuk, tidak fokus di saat jam kerja.

Lalu, apa efek negatif dari hipersomnia? Berikut 5 efek samping berbahaya dari hipersomnia.

#1. Menurunnya fungsi otak

Menurut sebuah penelitian, fungsi otak mencapai puncaknya saat kita rutin tidur selama 7 jam setiap malam. Bila kurang atau lebih dari itu maka fungsi otak terutama fungsi kognitif akan mengalami penurunan.

#2. Meningkatkan rasa sakit

Kurang gerak akibat tidur yang berlebihan memiliki hubungan yang erat dengan peningkatan risiko sakit sakit pada tubuh seperti sakit pinggang.

#3. Menaikan berat badan

Seperti halnya depresi, peningkatan berat badan dan tidur yang berlebihan merupakan tiga hal yang saling mempengaruhi. Mereka yang mengonsumsi obat obatan depresi akan mengalami tidur yang berlebihan. Kondisi ini tentu saja akan berisiko meningkatkan berat badan.

#4. Sakit Kepala

Sakit kepala memang kerap dialami oleh mereka yang kurang tidur, tetapi tidur yang berlebihan juga dapat memberikan gejala yang sama.

#5. Diabetes

Beberapa penelitian menemukan adanya hubungan yang konsisten antara peningkatan risiko diabetes tipe 2 dengan durasi tidur yang terlalu lama.

Source: blogdokter.net

No comments