Mitologi Mesir Kuno: Thoth' Dewa Dari Segala Sumber Pengetahuan

silahkanSHARE.com | Thoth dikenal sebagai Dewa Mesir kuno karena kebijaksanaan dan sihir yang dimilikinya. Thoth termasuk dewa yang dianggap penting dibandingkan dengan dewa Mesir kuno lainnya. Ia dikenal bijaksana dalam memainkan peran penting di berbagai pertempuran dan peristiwa lainnya dalam mitos Mesir.

Pengetahuan adalah segalanya di bumi ini. Thoth dipercaya sebagai sumber dari segala pengetahuan. Pada zaman dulu, orang-orang Mesir percaya bahwa dewa Thoth-lah yang memberikan berkat kepada orang Mesir sehingga bisa menulis tulisan hieroglyphic, yakni tulisan yang terkenal sebagai tulisan bergambar dari Mesir.

Thoth sangat menguasai hukum yang berkaitan dengan ilmu fisika. Ia juga dipercaya yang menjaga keseimbangan alam semesta menggunakan pengetahuan. Dewa Thoth digambarkan sebagai seorang pria dengan kepala ibis atau babon.Dia ditampilkan sedang memegang semacam alat tulis dan kitab.

Ilustrasi: Thoth Dewa Dari Segala Sumber Pengetahuan
 Dalam versi lain, Thoth juga digambarkan sebagai kera dengan kepala anjing. Hermopolis, juga dikenal sebagai Eshmunen adalah kota pusat pemujaan dewa Mesir Thoth. Sebelumnya, Hermopolis dikenal sebagai kota Khmun. Suatu hal yang menarik tentang Thoth adalah bahwa dia merupakan seorang dewa yang menciptakan dirinya sendiri.


#1. Dewa Thoth dianggap sebagai pelindung semua juru tulis. 

Dia juga dikenal sebagai ‘lidah’ dari dewa matahari, Ra. Karena kutukan dari Ra, Thoth harus berbicara atas nama Ra dan selalu mengucapkan kata-kata yang memenuhi keinginan Ra.

#2. Seshat, dewi kebijaksanaan dan tulisan.

Mitra dari Thoth yang merupakan dewa pengetahuan dan kebijaksanaan. Thoth menulis sebuah buku bernama ‘Buku Kematian'.

#3. Thoth juga dikenal sebagai dewa bulan.

Yang digambarkan dengan bulan sabit di kepala. Bentuk bulan sabit di kepalanya ini juga dikenal sebagai mahkota Atef.

#4. Dewa Thoth dikreditkan dengan penemuan.

Penemuan geometri, astronomi, dan obat-obatan.

#5. Thoth dikenal memiliki tugas menanyai jiwa orang yang sudah mati.

Thoth akan bertanya perihal perbuatan orang tersebut di masa lalu.

#6. Dewa Thoth bertindak sebagai penengah dalam 3 pertempuran penting.

Pertempuran antara Ra dan ‘Apep’ adalah yang pertama, pertempuran kedua terjadi antara ‘Heru-Bekhutet’ dan ‘Set’. Sedang pertempuran ketiga terjadi antara Horus dan Set.

Dalam tiga pertempuran tersebut, para dewa, Ra, Heru-Bekhutet dan Horus mewakili kekuatan yang baik, sedangkan lawan mereka sering dianggap sebagai kekuatan jahat.


Source: spoters-media.com

Tulisan terkait lainya yang banyak dibaca dan diSHARE!

No comments