Misteri Dibalik Kesaktian Tongkat Komando Bung Karno

silahkanSHARE.com | Kita semua pasti tahu kalau Bung Karno adalah Bapak Bangsa, tanpa jasa beliau kemungkinan Indonesia tidak akan ada dan kemungkinan terburuk Nusantara ini akan menjadi bagian dari Belanda.

Terlepas dari itu semua, rasanya ada hal yang masih misteri dari sosok Founding Father kita, lebih tepatnya pada tongkat yang sering beliau bawa sehari-hari.

Misteri kesaktian tongkat komando milik Presiden Soekarno memang menjadi kisah yang menarik. Apakah itu sekadar mitos ataupun cerita nyata, misteri kesaktian tongkat komando Bung Karno membuat banyak orang penasaran.

Misteri Kesaktian Tongkat Komando Bung Karno
Bahkan ketika Bung Karno berkunjung ke Kuba pada 13 Mei 1960, pemimpin revolusi Kuba Fidel Castro sampai menanyakan langsung soal kesaktian tongkat komando tersebut. “Apakah tongkat ini sakti seperti tongkat kepala suku Indian?” ucap Fidel Castro dengan nada bercanda sambil memegang tongkat komando Bung Karno.

Mungkin karena pertanyaan bernada bercanda, Bung Karno pun tidak memberikan jawaban pasti. Dia hanya tertawa saja mendengar pertanyaan Fidel Castro.

Banyak orang percaya kalau tongkat itu memiliki kekuatan magis, terlepas dari itu semua, alangkah baiknya kita baca beberapa hal terkait tongkat komando Bung Karno berikut ini.

#1. Tongkat Komando Bung Karno Ada 3

Sebenarnya tongkat komando Bung Karno tidak hanya satu tapi tiga macam, bentuknya relatif sama, namun setiap tongkat mempunyai fungsi masing-masing.

Ada tongkat yang hanya beliau pakai saat kunjungan kenegaraan, ada pula yang khusus dibawa saat beliau berpidato, dan ada pula yang dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

#2. Ketiganya Memiliki Kekuatan Magis

Meskipun Bung Karno bilang kalau ketiga tongkatnya biasa-biasa saja, tetapi menurut beberapa orang kepercayaan beliau, tongkat komando Bung Karno itu bukanlah sembarang tongkat.

Konon, tongkat komando Bung Karno berisi keris yang sangat ampuh, dan kesaktian ini terbukti ketika Bung Karno lolos dari usaha pembunuhan ketika hendak ditembak dari jarak dekat saat salat Idul Adha. Tembakan itu meleset dan ini yang jadi heboh. Bagaimana bisa penembaknya adalah seorang jago perang terlatih, kenapa menembak dari hanya jarak 5 meter tidak kena.

Apalagi saat sidang pengadilan penembak Bung Karno yang disiarkan melalui radio-radio, terungkap saat hendak ditembak Bung Karno membelah dirinya menjadi lima. Menurut pengakuan sang penembak, dia mengalami keanehan saat hendak menembak Bung Karno. Dia melihat ada 5 Bung Karno dalam satu lokasi, karena itulah tembakan yang dilepaskannya meleset.

#3. Terbuat Dari Bahan yang Sangat Istimewa

Selain kesaktian yang dimilikinya, tongkat komando Bung Karno ini juga dipercaya dibuat dari bahan yang sangat istimewa, bukan sembarang kayu.Kayu yang digunakan adalah kayu pucang kalak, pucang adalah jenis kayu, sedangkan Kalak adalah nama tempat di selatan Ponorogo, atau utara Pacitan.

Jadi tongkat komando Bung Karno tidak sembarangan, melainkan memiliki aura magis yang sangat kuat, dipercaya siapa saja yang memilikinya bakal bisa menguasai seluruh Nusantara.

Misteri Kesaktian Tongkat Komando Bung Karno
Dibalik kabar kesaktian tongkat komando yang dimilikinya, Bung Karno menjelaskan bahwa yang selama ini dibawanya adalah tongkat biasa sama seperti tongkat lainnya. Bung Karno yakin, gagalnya upaya pembunuhan tersebut karena perlindungan dari Allah SWT.

Kalau sedang terburu-buru dan harus pergi, Bung Karno kerap membawa tongkat komando untuk berpidato. Tongkat Komando Bung Karno dipakai sejak 1952, setelah peristiwa 17 Oktober 1952. Jadi dalam setiap foto Bung Karno, terlihat selalu menggamit sebuah tongkat yang berukuran panjang sekitar 30-40 cm.


Source: Keepo.me

Tulisan terkait lainya yang banyak dibaca dan diSHARE!

No comments