5 Makanan Paling Unik Narapidana Dari Berbagai Penjuru Dunia

silahkanSHARE.com | Beda wilayah dan budaya, makanan penjara yang disajikan pun berbeda. Makanan di penjara biasanya disiapkan oleh institusi terkait. Namun, seringkali makanan yang disediakan tidak mencukupi gizi atau justru melebihi kebutuhan gizi.

Hal ini disebabkan karena tidak adanya hukum makanan yang jelas untuk orang di penjara. Dari sekian banyak makanan yang disajikan ada yang unik, bagi yang enak mereka bisa mendapat jatah yang mewah. Sebaliknya, yang pelayanannya buruk juga akan mendapat jatah makan seadanya.

Apalagi kalau narapidana melanggar aturan, biasanya dia akan mendapatkan jatah makanan yang berbeda. Dikutip dari berbagai sumber inilah 5 makanan unik narapidana dari berbagai penjuru dunia.

#1. McDonald di Penjara Jerman

McDonald di Penjara Jerman
Inilah yang terjadi pada penjara di kota Bergisch Gladbach, Jerman. Akibat dari selesainya kerja sama dengan beberapa kontraktor yang menyuplai makanan, maka penjara melakukan tindakan lainnya. McDonald adalah tempat terdekat dari penjara, sehingga mereka memutuskan untuk memberlakukan menu baru ini.

#2. Nutraloaf di penjara Amerika Serikat

Makanan bekas kemarin atau Nutraloaf
Makanan yang satu ini biasanya diberikan kepada napi yang tidak menaati aturan penjara. nutraloaf terbuat dari campuran makanan di hari sebelumnya.Sajian makanan satu ini menuai kontroversi karena tidak etis dan bertentangan dengan hak napi. Namun, menurut para penjaga penjara, hukuman satu ini dapat mengurangi kekerasan antarnarapidana. 

#3. Indomie Makanan Favorit Napi di Australia

Indomie Makanan Favorit Napi di Australia
Indomie memang makanan sejuta umat yang digemari di belahan dunia manapun juga. Rasanya yang khas dan harganya yang murah sukses menjadikan ia sebagai makanan idola. Pemerintah Australia bahkan menghabiskan  dana lebih dari setengah juta dolar untuk membeli Indomie bagi narapidana.

#4. Bubur Sebagai Sarapan Napi di Inggris

Bubur Sebagai Sarapan Napi di Inggris
Inggris menggunakan bubur sebagai sarapan di penjara. Tidak ada pilihan lain untuk sarapan, tapi bubur tersebut cenderung keras, kadang terlalu banyak air. Sehingga, sarapan bubur tidak dapat mengenyangkan. Kini sarapan bubur telah dihapus di berbagai penjara di seluruh penjuru Inggris, karena menuai banyak kritik. 

#5. Enak, Bergizi, dan Higienis Makanan Napi Jepang


Jepang emang tersohor dengan budayanya yang serba higienis, efisien, dan punya standar tinggi. Bahkan untuk urusan makanan penjara, ternyata standarnya cukup tinggi. Selain bersih dan higienis, nutrisi juga sangat diperhatikan.

Bahkan saking banyaknya orang yang penasaran ingin mencoba makanan penjara yang kabarnya enak, ada restoran khusus di kota Abashiri, Hokkaido, yang hanya menyediakan menu para tahanan. Publik yang berbondong-bondong mengunjungi restoran tersebut pun kabarnya tidak kecewa dengan rasa maupun penyajian makanannya. 

No comments