4 Manfaat Ajaib Rutin Minum Air Putih Setiap Bangun Tidur Pagi

silahkanSHARE.com | Mungkin kamu sering mendengar anjuran untuk minum air putih delapan gelas atau setara dengan dua liter per harinya. Minumnya pun dianjurkan berkala, mulai dari bangun tidur hingga akan tidur lagi.

Sangat disayangkan jika kamu sering melewatkan minum air putih selepas bangun tidur, belum banyak orang yang tahu manfaat minum air putih di pagi hari.

Menurut seorang ahli nutrisi asal India, Shilpa Arora ND, ada berbagai macam manfaat minum air putih di pagi hari. Menurutnya, manfaat minum air putih di pagi hari sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena pada dasarnya 60-70% tubuh manusia merupakan air.

Jadi, jika kita dehidrasi atau tak memiliki cairan yang cukup, maka tentu akan mengundang masalah kesehatan. Mengutip dari tribunnews.com, beruikut 4 manfaat ajaib rutin minum air putih setiap bangun tidur.

#1. Mencerahkan Wajah

Minum air putih di pagi hari bisa mencerahkan wajah
Menurut ahli nutrisi asal India, Shilpa Arora, minum air putih di pagi hari bisa mencerahkan wajah. Hal ini karena setiap sel dalam tubuh terhidrasi. Selain itu, racun-racun dalam tubuh yang keluar setelah minum air putih di pagi hari, membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah.

Kalau kamu ingin membuat wajah lebih cerah secara natural, kamu bisa mulai meminum 2 gelas air putih setiap pagi.

#2. Mengurangi Berat Badan

Air putih bisa mengurangi berat badan
Air putih bisa menjadi ramuan ajaib bagi kamu yang ingin mengurangi berat badan. Tubuh yang mengalami dehidrasi, akan lebih sulit membakar kalori dan lemak dalam tubuh.

Setiap tegukan air putih hangat setiap pagi, dapat membantumu membakar lemak-lemak membandel di perut.

#3. Memandikan Sistem Pencernaan Tubuh

Minum air putih membersihkan tubuhmu dari sisa makanan
Minum air putih berguna untuk membersihkan tubuhmu dari segala sisa makanan, kotoran dan memperlancar sistem pencernaan tubuh. Apalagi jika kamu memutuskan untuk meminum air hangat ketika perutmu masih kosong. 

Rasanya akan seperti memandikan tubuhmu dari dalam.

#4. Membersihkan Tubuh dari Racun

Ilustrasi: Membersihkan diri dari racun
Setelah kamu bangun tidur, cobalah untuk segera meminum dua gelas air putih. Pastikan kamu tidak mengonsumsi makanan apapun selama 30 menit setelah minum air putih.

Hal ini bertujuan agar tubuhmu memiliki cukup waktu untuk membersihkan diri dari racun-racun serta menyalurkan energi ke setiap sel-sel penting dalam tubuh.

No comments