Tak Hanya Merapi! Inilah 4 Puncak Gunung di Dunia yang Dianggap Paling Keramat

silahkanSHARE.com | Bicara soal Gunung maka akan terbayang tentang keindahan gunung tersebut. Namun dibalik kindahan gunung  tenyata banyak menyimpan cerita misteri atau mitos yang tak banyak diketahui oleh semua orang.

Tak hanya di Indonesia, di Negara lain pun banyak gunung yang paling dianggap keramat dan sampai saat ini masih dipercayai oleh masyarakat sekitarnya. Bahkan, dahulu ada sosok Mbah Maridjan yang semasa hidupnya dapat mengetahui aktivitas Gunung Merapi.

Tak hanya Gunung Merapi, rupanya ada sejumlah gunung lain di dunia ini yang dianggap keramat. Seperti dikutip dari laman liputan6.com berikut 4 gunung yang dianggap paling keramat di berbagai belahan dunia.

#1. Mount Everest - Nepal

Mount Everest
Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 meter atau 29.029 kaki. Puncak Gunung Everest pertama kali dicapai pada tahun 1953 oleh Edmund Hillary dan Tenzing Norgay.

Di wilayah itu, tinggal kelompok masyarakat bernama Sherpa. Sherpa adalah nama salah satu suku bangsa di Nepal dan Tibet yang hidup di lereng-lereng pegunungan Himalaya.

Sherpa menganggap Everest sebagai gunung suci dan sebelum memulai upaya pendakian biasanya akan melakukan pengorbanan ritual.

Gunung Everest menjadi lebih sakral seiring berjalannya waktu. Sekitar 200 mayat terbaring di pegunungan hulu, banyak dari mereka membeku kaku ketika mereka meninggal.

#2. Inyan Kara - South Dakota

Inyan Kara (Wikipedia/Creative Commons)
Black Hills terletak di South Dakota tetapi jangkauan baratnya menyebar ke sudut timur laut Wyoming. Dan di sinilah Gunung Inyan Kara dapat ditemukan.

Pada ketinggian 1.941 meter (6.368 kaki), Inyan Kara bukanlah puncak tertinggi di Black Hills. George Armstrong Custer adalah salah satu yang pertama kali mendaki Inyan Kara pada awal Juli 1874. Gunung ini juga dianggap keramat oleh penduduk setempat.

Lakota Sioux adalah penduduk lokal dan suku yang menganggap Inyan Kara sebagai gunung suci. Menurut salah satu legenda Sioux, Black Hills secara keseluruhan adalah rumah dari Roh Besar dan Inyan Kara khususnya adalah tempat para dewa tinggal.

#3. Mount Olympus - Yunani

Mount Olympus (Wikipedia/Creative Commons)
Digambarkan dalam mitologi Yunani sebagai rumah dari Dua Belas Dewa Olimpia yang dipimpin oleh Zeus dan Hera, Mount Olympus hanyalah satu dari beberapa gunung suci yang dipuja oleh orang-orang Yunani kuno tetapi sejauh ini yang paling terkenal.

Terletak di pegunungan Olympus Range eponymous dari Teluk Salonika, Mount Olympus adalah landform multi-puncak dengan ketinggian 2.917 meter (9.570 kaki) dan merupakan gunung tertinggi di Yunani.

Meskipun keramat bagi para penyembah di Yunani Klasik dan wilayah lain yang dipengaruhi oleh budaya Helenistik, Mount Olympus saat ini sangat populer di kalangan pendaki gunung yang mencatat satu-satunya bagian yang sulit adalah bagian terakhir dari puncak gunung.

Meskipun diperkirakan 10.000 orang mendaki Mount Olympus setiap tahun, sebagian besar hanya mencapai puncak Skolio dan jarang sampai puncak.

#4. Gunung Taranaki

Gunung Taranaki yang dianggap suci Suku Maori (Wikimedia Commons)
Gunung Taranaki adalah gunung berapi setinggi 2.518 meter (8.261 kaki) yang terletak di pantai barat Pulau Utara di Selandia Baru. Terakhir aktif pada pertengahan abad ke-19, Gunung Taranaki menonjol dalam mitologi Māori dan memiliki makna khusus bagi suku Taranaki.

Pada tahun-tahun sebelum penjelajah Eropa pertama kali mengunjungi Selandia Baru, orang-orang suku Taranaki tinggal di dataran datar yang mengelilingi gunung berapi.

Mereka melihat gunung sebagai pusat keberadaan mereka: air yang mengalir dari lerengnya menyirami tanaman mereka dan erupsi tidak hanya mengancam cara hidup mereka tetapi juga kehidupan mereka sendiri.

Meskipun Gunung Taranaki 'diam' selama beberapa dekade, ahli gunung berapi memperingatkan puncaknya dianggap aktif sewaktu-waktu.

Tulisan terkait lainya yang banyak dibaca dan diSHARE!

No comments