Keren! Inilah 3 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Populer di Luar Negeri

silahkanSHARE.com | Tidak sedikit dari kita yang selalu mendengarkan musik untuk memberi semangat atau menghibur diri kita sendiri. Dengan musik kita bisa dengan mudah mengekspresikan gagasan atau ide melalui bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh bermacam-macam media atau instrumen yang ada di lingkungan sekitar kita.

Musik juga bisa dibilang sebagai bahasa dunia, meskipun menggunakan bahasa yang berbeda, namun melodi sebuah musik tetaplah universal. Bayangkan jika musik (lagu) tidak disertai dengan instrumen atau alat-alat musik, tentunya musik itu akan terasa biasa saja.

Maka dari alat musik seperti gitar, bass, drum, sangatlah membantu dalam penciptaan sebuah lagu. Berikut silahkanSHARE.com sajikan 3 alat musik tradisional Indonesia yang sangat populer dan mampu memukau dunia.

1. Gamelan

Ilustrasi: Bermain gamelan (youtube.com)
Meskipun gamelan cara memainkannya sangat tradisional, namun alat musik ini sangat populer di luar negeri. Saking populernya, beberapa negara asing sudah memasukkan musik dari gamelan dalam kurikulum di sana.

Beberapa negara yang memasukkan gamelan dalam kurikulum mereka diantara di New Zealand School of Music (NZSM) di New Zealand. Di Amerika sendiri, gamelan sudah masuk di beberapa kurikulum universitas seperti California University, San Jose University, dan Lewis and Clark College.

2. Angklung

Ilustrasi: Angklung 
Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang sering tampil dalam konser maupun pagelaran musik dunia. Angklung mampu menyihir sekitar 500 penonton di teater Montgemory College Cultural Arts Center, di Amerika. .

Konser bertajuk "Pulau: The Angklung Concert" ini diadakan untuk memperingati 5 tahun Angklung dinobatkan sebagai warisan budaya UNESCO.

Sedangkan di Teater Odéon Paris, Sanggar Angklung dari Bandung, Saung Ujdo, membuat takjub bahkan mengajak penonton ikut terlibat di atas panggung. Sedangkan di Eindhoven, Belanda, para mahasiswa pecinta Angklung di Universitas Teknologi Eindhoven berhasil menghibur penonton di konser Melodies of The World pada tahun 2013 lalu.

3. Kolintang

Ilustrasi: Bermain Kolintang (kanalsatu.com)
Kolintang atau kulintang adalah alat musik yang terdiri dari barisan gong kecil yang diletakkan mendatar. Kolintang dikenal sebagai alat musik perkusi bernada dari kayu yang berasal dari daerah Minahasa Sulawesi Utara. Untuk memainkan alat musik ini memerlukan minimal lima orang.

Beiby Sumanti, pendiri Sanggar Bapontar menyebutkan bahwa ia sedih melihat generasi muda Indonesia enggan untuk melestarikan Kolintang.Kemudian pada tahun 2000, Beiby dan sanggarnya fokus untuk melestarikan Kolintang telah sukses melakukan pertunjukan di berbagai negara.


Source: spoters-media

No comments