Inilah, 7 kebaikan Nazi yang Disembunyikan Dunia

silahkanSHARE.com | Di bawah kepemimpinan Adolf Hitler, Nazi banyak melakukan berbagai kejahatan yang susah untuk dilupakan sejarah, seperti menginvasi negara tetangga, mengawali Perang Dunia II, membunuh Kaum Yahudi, sampai mendirikan Kamp Kosentrasi. Nazi memang menjadi sejarah buruk bagi perdamaian dunia.

Adolf Hitler (history.com)
Namun dibalik itu semua ternyata Nazi telah membuat kegemilangan dalam sejarah membangun Jerman. Di kalangan negeri sendiri Nazi justru banyak memiliki basis pendukung. Berikut dikutip dari boombastis.com “kebaikan” Nazi yang pernah diberikan kepada Jerman.

#1. Gerakan Anti Rokok

Hittler, pemimpin besar Nazi, diketahui sangat membenci rokok. Saking bencinya, dia sampai tidak mau berada dalam satu ruangan dengan seorang perokok. Untuk itu Hittler menerapkan kebijakan anti-rokok dengan biaya termahal sekaligus yang paling berhasil di dunia.

Nazi melarang rokok di berbagai tempat umum, seperti tempat makan dan angkutan umum.

#2. Program Kesejahteraan Sosial

Nazi pernah mencatatkan sejarah gemilang dengan memiliki program kesejahteraaan sosial terbesar dalam sejarah. Program ini didasarkan pada falsafah Nazi bahwa setiap rakyat jerman harus mendapatkan standar hidup yang layak.

Salah satu program yang terkenal adalah program musim dingin atau Winterhilfswerk (Winter Relief Program). Hebatnya, para anggota Nazi dari akar rumput sampai petingginya sampai turun ke jalan untuk mencari dana sosial.

#3. Volkswagen (Mobil Rakyat)

Di tahun 1930, pekerja kelas menengah Jerman tidak mampu membeli mobil karena harga yang tak terjangkau. Saat itu hanya orang-orang kaya saja yang memiliki mobil. Saat itu, Ferdinand Porsche sedang mengembangkan mobil murah namun, Porsche hanya mampu  membuat desain mobil saja.

Mengetahui hal itu Hitler kemudian mendirikan perusahaan mobil milik negara yang dinamakan Volkswagen, artinya “mobil rakyat”. Volkswagen Type 1 Sedan alias KdF-Wagen merupakan mobil pertama keluaran Volkswagen yang spesifikasinya ditentukan sendiri oleh Hitler.

#4. Jalan Bebas hambatan

Selain membuat mobil rakyat, Hitler juga sangat antusias membangun jalan raya demi menghubungkan seantero Jerman. Jerman adalah negara pertama yang menggunakan sistem jalan raya bebas hambatan untuk menghubungkan seluruh negeri.

Pada masanya, pembangunan ini memakai teknik tercanggih yang pernah ada. Kemudian teknik ini ditiru oleh beberapa negara, termasuk Amerika dan Inggris.

#5. Fashion

Nazi bisa dibilang punya seragam berwarna hitam pekat dengan kerah yang kaku dan logo Runic SS, dipadu topi opsir dan sejumlah lencana dada, serta armband di lengan dengan warna merah menyala dilengkapi lambang swastika di tengahnya memberikan kesan gagah sekaligus menakutkan bagi pasukan militer Schutzstaffel.

Di balik itu semua, ada nama besar yaitu Hugo Boss yang secara detail merancang semua kegagahan seragam pasukan Nazi.

#6. Perlindungan Satwa

Ketika Nazi berkuasa di tahun 1933, mereka bukan hanya melindungi hak-hak orang Jerman, melainkan juga pada kekayaaan satwanya. Pada tahun 1934, pemerintah Nazi mengeluarkan undang-undang Das Reichsjagdgesetz yang mengatur berapa jumlah hewan yang boleh dibantai dalam satu tahun. 

Langkah lain yang dibuat oleh Nazi adalah dengan mewajibkan pelajaran tentang perlindungan satwa di institusi pendidikan.

#7. Pelopor Teknologi Roket Modern

Teknologi roket pertama kali ditemukan oleh orang Cina karena mereka yang pertama-tama menemukan bubuk mesiu. Tapi, teknologi roket modern dikembangkan oleh seorang Wernher Von Braun yang merupakan anggota Partai Nazi dan Schutzstaffel (SS). Von Braun merupakan salah satu pengembang roket V-2 yang dijadikan senjata pemusnah massal oleh Jerman.

Itulah kebaikan Nazi yang disembunyikan dunia. Entah Anda benci atau tidak benci terhadap Nazi, itu adalah hak bagi pribadi masing-masing. Namun, sejarah telah mencatat dibalik semua kejahatan Nazi, mereka meninggalkan beberapa hal positif yang harus diterima dunia.

Tulisan terkait lainya yang banyak dibaca dan diSHARE!

No comments