Cara Ampuh Atasi Laptop yang Lemot

silahkanSHARE.com | Di zaman yang semakin modern seperti sekarang sudah tak dipungkiri lagi bahwa pengguna laptop lebih populer dibandingkan dengan pengguna desktop PC. Alasannya, karena laptop mudah dibawa kemana-mana dan dengan bobot yang tidak terlalu berat.

Seiring perkembangan waktu bobot laptop lebih ringan dan ukuran laptop semakin ringkas. Hal ini tentu membuat para pengguna desktop PC beralih menggunakan laptop, terlebih lagi bagi para mahasiswa yang disibukan keseharian meraka dengan tugas yang hampir rata-rata menggunkan laptop.

Ilustrasi
Namun bukan berarti laptop selalu bebas dari masalah pengoperasian yang lambat atau lemot. Sama seperti PC, laptop dengan sistem operasi Windows dapat berjalan tidak sebagaimana mestinya.

Oleh sebab itu, kali ini silahkan.SHARE.com akan memberikan informasi bagaimana cara mengatasi laptop yang lemot. Dikutip dari laman liputan6.com berikut pembahasannya.

#1. Lakukan Upgrade RAM (Random Access Memori)

Biasanya, saat membeli laptop baru, produsen hanya membekalinya dengan RAM 2GB atau 4GB. Padahal, melihat perkembangan software saat ini, kapasitas RAM tersebut kurang memadai.

Oleh sebab itu, kamu perlu memikirkan opsi untuk menambah kapasitas RAM. Untuk menjamin kinerjanya, RAM 8GB dirasa paling minimal untuk dapat digunakan di laptop saat ini.

#2. Ganti Harddisk dengan SSD (Solid State Disk)

Salah satu hal yang membuat kinerja laptop lambat adalah kecepatan data dari harddisk ke prosesor berjalan lambat. Untuk itu, ada baiknya kamu mengganti harddisk dengan SSD.

Namun sebelum melakukannya, kamu perlu memastikan bahwa laptopmu mendukung. Jika kurang yakin, kamu dapat membawa laptopmu ke pihak yang lebih ahli atau layanan purna jual resmi.

#3. Uninstall Software yang Tidak Perlu

Saat memakai laptop, tidak jarang pengguna memasang beragam software untuk banyak keperluan. Sementara pada kenyataannya, tidak seluruh software itu digunakan secara rutin.

Untuk itu, cara ampuh lain untuk memastikan laptop tidak berjalan lemot adalah menghapus software yang tidak dibutuhkan. Selain membuat performa lebih optimal, kapasitas penyimpanan juga bertambah lega.

#4. Mulai Lakukan Perawatan Hardware Rutin

Salah satu yang kerap dilupakan pengguna laptop adalah merawat hardware atau komponen laptop secara rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan seluruh komponen dapat berjalan dengan baik.

Kamu melakukan pembersihan komponen mulai dari kipas, motherboard, hingga penggantian thermal paste. Apabila dirasa tidak mahir melakukannya, kamu dapat meminta bantuan pihak lain yang lebih ahli.

#5. Reset atau Atur Ulang Windows di Laptop

Sistem operasi Windows juga dapat menjadi penyebab laptop menjadi lambat. Hal itu dapat terjadi apabila sistem Windows menjadi error akibat pemakaian software tidak optimal.

Apabila kondisi ini yang terjadi, satu-satunya jalan untuk memastikan laptop berjalan seperti biasa adalah dengan melakukan install ulang atau reset Windows yang digunakan.

Tulisan terkait lainya yang banyak dibaca dan diSHARE!

No comments