5 Tips Menatap Layar Monitor Agar Mata Tetap Sehat

SilahkanSHARE.com | Anda pernah atau mungkin sering bertemu mereka yang aktivitasnya selalu di depan komputer, rata-rata memiliki gangguan pada kesehatan mata.

Namun sebenarnya ada beberapa orang juga yang diantaranya kerja berjam-jam di depan komputer setiap harinya, namun mata mereka tetap sehat dan tidak mengalami gangguan.

Gangguan paling sederhana dalam hal mata, biasanya dimulai dengan kondisi mata yang mudah lelah saat melihat monitor komputer.

Mata lelah bisa disebabkan oleh banyak hal namun di zaman modern seperti sekarang ini umumnya karena terlalu lama menatap layar monitor. Akibat sudah fokus kadang seseorang bisa tak sadar bahwa matanya kewalahan, dan bisa menimbulkan masalah untuk mata kita.

Apalagi bagi kalian yang berkerja terus menerus di depan komputer, tentunya tidak luput dari yang namanya menatap layar monitor.

Bila kebiasaan tersebut dilakukan terus menerus tentunya akan ada dampak pada kesehatan mata. Kemampuan melihat bisa turun permanen sehingga sebaiknya berhati-hati dan mencegah kebiasaan ini.

Dikutip dari detikHealth.com, berikut lima cara yang dapat dilakukan agar matatetap sehat dan tidak cepat lelah menatap monitor;

5 Tips Menatap Layar Monitor Agar Mata Tetap Sehat

ilustrasi: videoblocks.com

#1. Atur Kontras Cahaya

Sesuaikan cahaya yang dipancarkan monitor dengan cahaya ruangan secara reguler. Buat agar cahaya monitor tidak terlalu silau namun masih nyaman untuk digunakan.

Dengan cara ini selain membuat beban yang diterima oleh mata berkurang beban tenaga yang dibutuhkan monitor juga berkurang. Efeknya kesehatan mata serta perangkat elektronik bisa jadi lebih awet.

#2. Hindari Pancaran Langsung

Pancaran sinar reflektif dari komputer atau perangkat elektronik lainnya dapat membebani mata. Belum lagi bila digunakan malam hari sinar tersebut dapat menipu tubuh mengganggu produksi hormon melatonin sehingga membuat seseorang sulit tertidur.

Untuk mengatasinya selain dengan mengatur cahaya bisa juga dengan menggunakan lapisan antireflektif dan sedikit memiringkan layar ketika perangkat sedang digunakan.

#3. Perbanyak Mengedip

Berkedip sama seperti bernapas, sesuatu yang jarang kita sadari meski sebetulnya dilakukan sehari-hari. Ketika menatap layar sesekali ingat untuk berkedip lebih sering. Tujuannya agar kelembapan bola mata bisa terjaga mengurangi risiko terjadinya iritasi.

#4. Istirahat Tiap 30 Menit

dr Syumarti, SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung mengatakan ada dua cara untuk mengistirahatkan mata yang lelah. Cara pertama adalah dengan memejamkan mata dan cara kedua adalah dengan melihat objek jauh lebih dari 6 meter.

Kedua cara tersebut dilakukan selama kurang lebih 15 menit. Tujuannya untuk meringankan otot mata dan mengembalikan fokus kembali normal karena sebelumnya terlalu fokus ke layar komputer.

#5. Gunakan Tetes Mata

Bila terjadi iritasi pada mata karena terlalu fokus pada layar maka obat tetes mata bisa digunakan. Hal ini terutama penting bagi mereka yang menggunakan lensa kontak.

Tulisan terkait lainya yang banyak dibaca dan diSHARE!

No comments