Studi: Wanita Butuh Tidur Lebih Banyak Dibandingkan Pria

Studi: Wanita Butuh Tidur Lebih Banyak Dibandingkan Pria.


SilahkanSHARE.com | Berdasarkan penelitian, wanita disebut-sebut membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang dibandingkan pria. Mengapa demikian?

Menurut para peneliti di Loughborough University's Sleep Research Center di Leicestershire, Inggris mengatakan bahwa seorang wanita membutuhkan lebih banyak tidur dibandingkan pria. Ini karena sistem kerja otak wanita yang lebih kompleks.

"Otak wanita lebih kompleks dibandingkan pria, cara kerja mereka juga berbeda. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan tidur yang lebih banyak," tutur salah satu peneliti, Prof Jim Horne, seperti dikutip dari New York Post, [8/4/16].
Alasan lainnya, wanita juga cenderung lebih sering beraktivitas secara multitasking alias melakukan banyak hal secara sekaligus. "Ini membuat wanita menggunakan otak mereka lebih banyak dibandingkan pria," imbuhnya.

Jika wanita kerap mengalami kurang tidur, dalam jangka waktu panjang kondisi ini dapat meningkatkan risiko tekanan psikologis dan depresi. Uniknya, peningkatan risiko ini justru tidak ditemukan pada pria yang kurang tidur.

Horne menjelaskan pasalnya ketika tidur, korteks (bagian otak yang bertanggung jawab terhadap pola pikir, daya ingat, dan pengelolaan bahasa seseorang) akan masuk ke dalam modus recovery atau pemulihan. Dan durasi yang dibutuhkan otak untuk memulihkan dirinya ini bergantung pada seberapa lama otak dibutuhkan selama seharian atau sebelum tidur.

"Jadi makin lama Anda menggunakan otak sepanjang hari, makin lama waktu yang dibutuhkannya untuk memulihkan diri, dan konsekuensinya, makin banyak waktu yang Anda butuhkan untuk tidur," tutur Horne.

Sumber: detikHealth.com

No comments