4 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Mata Kita

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Mata Kita.


SilahkanSHARE.com | Mata merupakan indra penglihatan yang dimiliki oleh setiap manusia, dengan adanya mata kita juga bisa melihat kondisi di Dunia ini. Apa jadinya jika mata kita tidak berfungsi secara baik?

Tentunya kita akan marasa tak nyaman dan aktivitas sehari-hari akan terganggu. Kesehatan mata biasanya lebih identik dengan kekurangan asupan vitamin A atau mungkin membaca buku terlalu dekat. Padahal ada beberapa kebiasaan lain yang juga bisa merusak kesehatan mata.

Seperti dirangkum detikHealth.com pada [6/4/16], berikut 4 kebiasaan buruk yang juga bisa merusak kesehatan mata dan cara mengatasinya:

#1. Kelebihan berat badan


Studi menunjukkan bahwa orang yang kelebihan berat badan memiliki kepadatan pigmen makula yang rendah. Padahal bagian ini sangat diperlukan untuk melihat sesuatu dengan tajam. Kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes, yang diketahui dapat merusak pembuluh darah di belakang mata jika tidak dirawat dengan baik.

#2. Merokok


Rokok memberikan efek buruk bagi tubuh, tak terkecuali mata. Bahan kimia dalam tembakau membahayakan pembuluh darah kecil di dalam mata, sehingga menyebabkan penyumbatan dan perdarahan internal di area tersebut.

#3. Jarang olahraga


Tak cuma bikin gemuk, malas olahraga juga bisa merusak kesehatan mata. Olahraga seperti senam aerobik misalnya, dapat membantu meningkatkan pasokan oksigen ke saraf optik dan menurunkan tekanan dalam mata.

#4. Pola makan buruk


Terlalu banyak konsumsi lemak jenuh, yang ditemukan dalam produk susu dan daging penuh lemak, dapat menyebabkan penumpukan deposit lemak di pembuluh darah di makula. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran sehari. Kombinasi ini diyakini mencukupi kebutuhan nutrisi penting untuk kesehatan mata.

No comments