Mau Lebih Cerdas? Ini 5 Langkah Tingkatkan IQ Bagi Orang Dewasa

Mau Lebih Cerdas? Ini 5 Langkah Tingkatkan IQ Bagi Orang Dewasa.


SilahkanSHARE.com | Mungkin bagi setiap orang dewasa diusia 20 tahun ke atas, memang sulit untuk mengingat hal-hal yang baru kita pelajari dibandingkan dengan anak yang usia masih dibawah 17 tahun. Hal ini memang benar karena perkembangan otak memang berhenti di usia 25 tahun.

Namun peneliti percaya bahwa kecerdasan intelektual (IQ) seseorang bisa berubah tergantung situasi dan kondisi orang tersebut.

Dan Hurley, penulis buku Smarter: The New Science of Building Brain Power, mengatakan kecerdasan intelektual bisa ditingkatkan. Dengan begitu, kemampuan kognitif seseorang juga bertambah.

Lalu bagaimana caranya? Dikutip dari CNN, Hurley mengatakan ada 5 langkah yang bisa dilakukan, antara lain:

#1. Belajar alat musik


Hurley mengatakan para musisi memiliki kecerdasan intelektual yang lebih tinggi daripada populasi umum. Hal ini bisa dijadikan motivasi bagi Anda untuk belajar memainkan alat musik.

"Belajar alat musik membuat Anda berusaha keras, dan membuat banyak sel baru di bagian kognitif otak. Artinya kecerdasan intelektual Anda pun akan meningkat," tutur Hurley.

#2. Diet mediterania


Istilah superfood sering digunakan untuk makanan yang mengandung nilai gizi tinggi namun murah dan tersedia di banyak tempat. Riset terbaru yang diterbitkan jurnal Neurologi mengatakan diet mediterania bisa jadi kunci untuk meningkatkan IQ Anda.

"Diet mediterania kaya dengan olahan minyak zaitun dan kacang yang memikiki sifat antioksidan. Hal ini menjaga sel-sel otak Anda dari radikal bebas dan membuatnya lebih panjang umur," tutur Hurley.

#3. Cukup waktu tidur


Mungkin terdengar sepele, tapi mencukupi waktu tidur 7 sampai 9 jam sehari benar-benar bisa menjaga otak Anda. Ketika tidur, otak menghasilkan banyak neuron baru yang berfungsi untuk menambah memori dan meningkatkan fungsi kognitif.

"Ketika tidur, tubuh juga melakukan reparasi pada sel-sel saraf yang rusak. Dengan begitu, kerja otak di esok hari lebih mudah dan beban yang harus ditanggung tak terlalu berat," paparnya.

#4. Aktif bergerak


Tak hanya menguatkan otot, aktif bergerak dan berolahraga juga memiliki manfaat bagi otak. Hurley mengatakan layaknya otot, otak juga bisa berkembang dan semakin kuat jika tubuh dalam keadaan sehat.

"Olahraga memastikan tubuh dalam keadaan sehat dan mengurangi risiko penyakit-penyakit kardiovaskular yang dapat mengurangi aliran darah ke otak dan membuatnya lebih lambat," ungkap Hurley.

#5 Jauhi stres


Ketika stres, otak akan mengalami kekacauan dan membuatnya tidak bisa merespon dengan cepat. Hal inilah yang membuat Anda kadang-kadang sulit konsentrasi dan berpikir ketika sedang mengalami stres.

"Untuk itu jauhi stres. Anda bisa melakukannya dengan meditasi, pelatihan mindfullnes atau kegiatan lain yang menenangkan Anda," paparnya.

Sumber: detikHealth

No comments