Inilah 4 Tokoh Penemu Hebat Indonesia yang Diakui Dunia

Inilah 4 Tokoh Penemu Hebat Indonesia yang Diakui Dunia.


SilahkanSHARE.com | Tak hanya di negara asing saja yang memiliki penemu hebat dan tersohor di seluruh dunia. Di Indonesia ternyata juga memiliki penemu yang penemuannya diakui di kancah internasional.

Tak hanya satu, tetapi lebih dari itu, penemu-penemu Indonesia itu diakui penemuannya di kancah internasional. Siapa saja mereka? Berikut ini SilahkanSHARE rangkum dari “1001 Fakta Sains [03/16], Tersuper di Dunia," 

#1. Sedyatmo


Profesor lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini berhasil menemukan fondasi “Cakar Ayam”pada 1962. Sistem ini memungkinkan pembangunan di atas lahan yang labil, namanya saat ini diabadikan untuk salah satu nama ruas tol di Jakarta.

#2. Tjokorda Raka Sukawati


Ia merupakan penemu metode “Sosrobahu”. Sistem penyangga jalan layang secara sejajar dengan jalan yang akan dibuat, dan dapat diputar dengan mudah bila akan digunakan. Tak hanya itu, sistem ini juga menghemat tempat, sehingga tak menghambat lalu lintas yang berada di bawahnya.

#3. Poorwo Soedarmo


Empat Sehat Lima Sempurna, merupakan slogan yang dicetuskan olehnya. Penemu kelahiran Malang ini merupakan tokoh gizi di Indonesia.

#4. BJ Habbie


Ia merupakan penemu Teori, Faktor, dan Metode Habbie (Teknologi Pesawat Terbang). Mantan presiden RI ini juga mendapat julukan “Mr Crack” atas teori Habbie yang dinamakan crack progression. Teori ini bisa membuat pesawat lebih aman dan tak hanya menghindari risiko pesawat jatuh, tetapi juga membuat pemeliharaannya lebih mudah dan murah.

Selain dari empat tokoh di atas, tentunya masih ada lagi tokoh-tokoh Indonesia yang terkenal hingga ke belahan dunia, seperti:

  • Yogi Ahmad Erlangga - Ilmuwan Indonesia yang Ahli dalam Rumus Matematika

  • Prof. Dr. Khoirul Anwar - Ilmuwan Indonesia Penemu Jaringan 4G

  • Ir. Adi Rahman Adiwoso M.Sc - Ilmuwan Indonesia Pencetus Aeronautika

  • Doktor rer. Nat. (rerum Naturalium) Evvy Kartini - Ilmuwan Ahli Nuklir Terbaik dari Indonesia

No comments