Risiko Penyakit Akibat Tidur Kelamaan

Risiko Penyakit Akibat Tidur Kelamaan.


SilahkanSHARE.com | Kurang tidur sudah pasti mengganggu kesehatan. Namun terlalu banyak tidur juga tidak dianjurkan, apalagi memasuki hari minggu pasti kebanyakakan orang bermalas-malasan untuk tetap berada dikamarnya.

Sebab berbagai risiko penyakit bakal menghantui orang-orang yang terbiasa tidur lebih dari 9 jam sehari.

Berbagai penelitian menyebut, durasi tidur idealnya berkisar antara 6-8 jam dalam sehari. Tentu saja disesuaikan juga dengan kualitasnya, sebab ada kalanya seseorang tidur cukup lama tetapi kualitasnya seperti kurang tidur.

Yang pasti, kebiasaan tidur di atas 9 jam dalam sehari cenderung tidak baik untuk kesehatan. Beberapa risiko yang harus dihadapi antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Huffingtonpost & Detikhealth.com [02/26/16].

#1. Depresi


Pada tahun 2014, sebuah penelitian dilakukan pada sejumlah pasangan kembar. Penelitian ini mengungkap bahwa durasi tidur berhubungan dengan risiko depresi. Seseorang yang tidur antara 7-9 jam sehari punya risiko depresi sebesar 27 persen, sedangkan yang tidur di atas 9 jam dalam sehari risikonya mencapai 49 persen.

#2. Gangguan fungsi otak


Penelitian tahun 2012 mengungkap bahwa perempuan yang terlalu banyak tidur selama 6 tahun berturut-turut akan mengalami penurunan fungsi otak. Perubahan yang terjadi setara efeknya dengan penuaan yang terjadi 2 tahun lebih cepat.

#3. Susah berketurunan


Tahun 2013, sebuah penelitian dilakukan terhadap 650 perempuan di Korea. Para perempuan tersebut sedang menjalani teknologi pembuahan berbantu. Para perempuan yang memiliki durasi tidur antara 7-8 jam, risiko terjadi pembuahan terpantau paling tinggi. Sebaliknya pada perempuan dengan durasi tidur lebih dari 11 jam, peluang hamilnya paling rendah.

#4. Diabetes dan kegemukan


Penelitian di Wuebec, Kanada mengungkap bahwa orang yang tidur lebih dari 8 jam sehari punya risiko 2 kali lipat terjangkit diabetes melitus tipe 2. Mereka juga lebih rentan mengalami kegemukan dibandingkan orang-orang yang durasi tidurnya antara 7-8 jam dalam sehari.

#5. Gangguan jantung


Sebuah penelitian tahun 2012 yang dipresentasikan dalam American College of Cardiology mengungkap bahwa tidur lebih dari 8 jam sehari berhubungan dengan peningkatan risiko masalah jantung. Peneliti mengamati data dari 3.000 orang, dan menemukan bahwa orang yang kebanyakan tidur 2 kali lebih berisiko mengalami angina dan 1,1 kali lebih rentan penyakit jantung koroner.

#6. Kematian dini


Kajian terhadap 16 penelitian mengungkap bahwa risiko kematian dini karena sebab apapun, mengalami peningkatan pada orang-orang yang tidurnya lebih dari 8 jam sehari. Peningkatannya bahkan mencapai 1,3 kali lipat dibandingkan rata-rata dari 1.382.999 partisipan.

No comments