5 Cara Membuat Lamaran Pekerjaan Anda Diterima

5 Cara Membuat Lamaran Pekerjaan Anda Diterima.


SilahkanSHARE.com | Menemukan pekerjaan memang bukan perkara mudah. Mungkin Anda kerap bertanya tanya, “dari sekian banyak lowongan pekerjaan, kenapa saya tak bisa menemukan pekerjaan sampai sekarang?”

Dikutip dari rakyatku.com. Hal ini bisa jadi karena Curriculum Viate (CV) Anda kurang menarik. Sebuah CV adalah komunikasi pemasaran Anda dan Anda harus membuat bagain HRD terkesan dengan Anda lewat resume yang Anda kirim. Membuat CV tentu menjadi tantangan di mana, ratusan orang mungkin, melamar untuk satu posisi.

Berikut 5 tips berguna untuk membuat CV yang sempurna untuk mendapatkan pekerjaan impian:

1. Singkat tapi padat
CV yang sempurna tidak boleh lebih dari satu halaman. Selain itu, resume dengan 1000 kata dianggap yang paling kompetitif.

2. Pastikan CV Anda lengkap
CV Anda harus memiliki informasi inti, seperti nama, alamat tempat tinggal, nomor kontak, dan email di bagian atas halaman pertama.

Untuk urutan pendidikan, tempatkan pendidikan terakhir paling atas, dan tempatkan sesuai urutan hingga SD dan TK.

3. Buat CV yang menarik secara visual
Sangat penting untuk membuat cv yang terlihat menarik, pastikan cv Anda simetris, seimbang, dan tepat spasi. Gunakan huruf kapital, tebal, garisbawah, dan miring, untuk menyoroti prestasi dan pengalaman Anda.

Pastikan cv Anda tidak salah ketik, hindari tata bahasa atau tanda baca salah.

4. Sertakan kelebihan dan kelemahan
Jangan lupa menuliskan kelebihan dan keterampilan Anda. Gunakan kata-kata yang menunjukkan Anda seorang yang percaya diri dan profesional.

5. Lampirkan surat lamaran

Ini adalah yang paling penting, tetapi kadang diremehkan. Penelitian mengklaim bahwa melampirkan surat lamaran dalam resume Anda dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan perhatikan oleh perekrut.

Anda bisa memberikan ringkasan pribadi pengalaman dan kemampuan Anda dalam surat lamaran.

Anda juga dapat menjelaskan secara singkat tentang kelebihan Anda, dan mengapa Anda berpikir Anda paling cocok untuk pekerjaan itu. Pastikan menggunakan kata kata yang menggambarkan kepercayaan diri.

No comments