Rutin Konsumsi Bayam Bisa Membuat Otak 11 Tahun Lebih Muda

Rutin Konsumsi Bayam Bisa Membuat Otak 11 Tahun Lebih Muda.


SilahkanSHARE.com | Tahukah Anda mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam bisa mencegah kepikunan di kemudian hari? Semua sayuran memang mengandung nutrisi dan nilai gizi yang baik bagi tubuh kita.

Tapi beda dengan sayuran bayam yang dapat meregenerasi otak 11 tahun lebih muda sehingga tidak mudah pikun.

Peneliti dari Rush University di Chicago, AS, melakukan evaluasi 950 orang tua setiap tahun selama satu dekade. Sebanyak 19 tes diberi ke seluruh peserta yang rata-rata berumur 81 tahun. Tes ini guna melihat fungsi dari makanan dan minuman di dalam diet sehari-hari untuk kesehatan mental seseorang.

Para peneliti melihat fungsi kognitif pada individu yang gemar menyantap bayam sebanyak satu atau dua kali sehari yang dinilai mampu bekerja maksimal.

Seperti dikutip Liputan6.com dari Telegraph, [17/9/16], peneliti utama Martha Clare Morris mengatakan, "Hilangnya kemampuan kognitif atau memori seseorang adalah salah satu ketakutan besar bagi orang tua. Sebab merosotnya kemampuan kognitif sangat berdekatan dengan penyakit alzheimer dan demensia."

Dari hasil penelitian ini, Morris menyarankan agar individu dari semua usia meningkatkan konsumsi sayuran hijau khususnya bayam. Sebab, rutin mengonsumsi bayam berguna untuk melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan demensia.

Morris mengatakan bahwa manfaat dari sayuran hijau yang mengandung tinggi vitamin dan nutrisi, seperti vitamin K, lutein, folat dan beta-karoten adalah kandungan yang berperan aktif melindungi serta mempertahankan kemampuan kognitif, sehingga terhindar dari kepikunan dini.

Bahkan dalam pekan Experimental Biology Conference di Boston, disebutkan sayuran hijau termasuk bayam dapat meregenerasi otak 11 tahun lebih muda.

No comments