Inilah 4 Keunikan Tersembunyi di Taman Nasional Pulau Jawa

Inilah 4 Keunikan Tersembunyi di Taman Nasional Pulau Jawa.


SilahkanSHARE.com | Taman nasional merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Taman nasional juga merupakan salah satu jenis kawasan konservasi karena dilindungi, biasanya oleh pemerintah pusat, dari perkembangan manusia dan polusi.

Taman nasional kawasan yang dilindungi (protected area) oleh World Conservation Union Kategori II. Taman nasional terbesar adalah Northeast Greenland National Park, yang didirikan sejak tahun 1974, (wikipedia).

Suatu kawasan yang ditetapkan sebagai taman nasional harus memiliki berbagai kriteria khusus, salah satunya adalah keunikan khas yang tidak dimiliki daerah lain.

Banyak taman nasional yang tersebar di Indonesia dengan beragam keunikannya. Seperti yang dirangkum dari Liputan6.com, [29/8/16].

Berikut 4 keunikan taman nasional di Pulau Jawa dengan keunikannya yang khas.

#1. Savana Bekol, Taman Nasional Baluran


Savana Bekol, Taman Nasional Baluran

 

Memiliki pemandangan yang tak kalah menawan dengan savana di Afrika, Savana Bekol menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Baluran.

Kawasan ini menjadi habitat asli bagi sekawanan binatang endemik Indonesia, di antaranya kera ekor panjang, rusa, hingga banteng. Tak hanya itu, dari padang Sanava Bekol, wisatawan bisa menyaksikan keindahan Gunung Baluran dari dekat.

#2. Pantai Triangulasi - Taman Nasional Alas Purwo


Pantai Triangulasi - Taman Nasional Alas Purwo

 

Di balik lokasinya yang terpencil di timur Pulau Jawa, Taman Nasional Alas Purwo ternyata menyimpan keindahan pantai dengan pemandangan matahari terbenamnya yang eksotik.

Pengelola taman nasional kerap menyebut pantai ini dengan nama Pantai Triangulasi. Meski tidak menjadi destinasi wisata layaknya kebanyakan pantai di Indonesia, Pantai Triangulasi memiliki garis pantai yang panjang, dengan pasirnya yang putih dan lembut.

Mengingat lokasinya yang berada di kawasan taman nasional, pantai ini memiliki keindahan matahari terbenam lengkap dengan suasana hening, yang cocok bagi mereka yang ingin melepas kepenatan.

#3. Air Terjun Madakaripura - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru


Air Terjun Madakaripura - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

 

Berlokasi di Desa Tlogorejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, air terjun Madakaripura menjadi salah satu keindahan tersembunyi yang ada di kawasan taman nasional di Pulau Jawa. Dengan tinggi pancur mencapai 170 meter, air terjun yang tak lepas dari legenda Patih Gajah Mada ini diklaim sebagai air terjun dengan tinggi pancur tertinggi di Pulau Jawa.

#4. Ikan Nemo - Taman Nasional Karimunjawa


ikan nemo

 

Memiliki luas lebih dari 100 ribu hektar, Taman Nasional Karimunjawa terdiri dari 27 pulau kecil menawan dengan pemandangan bawah lautnya yang menawan.

Keberadaan kawanan Ikan Nemo menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan untuk datang dan menyelam di Karimunjawa.

Pelestarian terumbu karang menjadi harga mati yang tidak bisa ditawar agar ekosistem bawah laut dapat tetap hidup, termasuk keberadaan Ikan Nemo yang kini makin jarang ditemukan di Karimunjawa.

No comments