Tiga Anggota Tubuh yang Akan Rusak Jika Terlalu Sering Merokok

Tiga Anggota Tubuh yang Akan Rusak Jika Terlalu Sering Merokok.


SilahkanSHARE.com | Bila memang rokok sudah menjadi candu, pasti selalu ada cela untuk tetap menjadi 'pecandunya'. Mungkin saja, kadar pengkonsumsiannya saja yang dibatasi. Padahal, dampak positif yang bisa diambil dari kenaikan harga rokok ini, masyarakat bisa mulai mengurangi rokok dan mulai mencoba hidup sehat.

Dengan tidak merokok, kita mampu mengurangi resiko penyakit yang bisa saja sewaktu-waktu mengintaimu. Menurut salah satu situs kesehatan, ada 3 anggota tubuh yang akan rusak bila kamu terlalu sering merokok.

Nah, sebelum hal itu terjadi pada anggota tubuhmu, ada baiknya kamu simak dengan baik penjelasan berikut.

#1. Otak


Beberapa penelitian membuktikan, merokok dapat meningkatkan resiko terkena stroke sebesar 50 persen. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan otak dan kematian. Selain itu merokok juga bisa meningkatkan risiko aneurisma otak.

Aneurisma sendiri adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Lebih parahnya lagi, sewaktu-waktu bisa pecah dan menimbulkan pendarahan otak. Oleh sebab itu, lebih baik waspadalah!

#2. Mulut dan tenggorokan


Semua tentu sudah tau akibat merokok pada bagian mulut. Rokok dapat menimbulkan gigi bernoda dan bau mulut tak sedap. Namun tidak hanya itu saja, ternyata merokok juga bisa memicu penyakit gusi dan kerusakan indera perasa.

Masalah yang lebih serius lagi pada mulut dan tenggorokan adalah munculnya kanker lidah, kanker tenggorokan, bibir, dan kanker pita suara. Biasanya kondisi semacam itu sudah ditampilkan pada gambar bungkus rokok.

#3. Paru-paru


Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia yang ada pada rokok sangat berpotensi merusak sel-sel pada paru yang nantinya bisa membentuk sel kanker. Tidak cukup sampai disitu saja, terlepas dari kanker paru kamu juga akan lebih berisiko mengalami bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

Sumber: Bintang.com

No comments