Studi: Mendengar Musik Ceria Bisa Dorong Sikap Kooperatif

Studi: Mendengar Musik Ceria Bisa Dorong Sikap Kooperatif.


SilahkanSHARE.com | Jenis musik apa yang sedang kita dengar ternyata dapat ikut memengaruhi suasana hati. Oleh karena itu di beberapa tempat musik tertentu sengaja diputar karena memang ingin mendorong perilaku yang diinginkan pada pendengar.

Terkait hal tersebut sebuah studi manajemen oleh peneliti dari Cornell University, New York, melihat efek psikologi dari musik-musik bernada ceria pada kelompok kerja. Menurut pemimpin studi Kevin M. Kniffin musik ceria ini bisa membuat orang lebih bersikap kooperatif.

Eksperimen pada 78 partisipan yang dibagi menjadi dua kelompok menunjukkan ketika musik ceria 'Yellow Submarine' dari The Beatles diputar para individu lebih mungkin untuk bekerjasama menyelesaikan tantangan permainan. Hal yang serupa tak terjadi ketika partisipan diputarkan lagu heavy metal 'Smokahontas'.

Dilaporkan dalam jurnal Organizational Behavior, Kniffin mengatakan hal ini terjadi kemungkinan karena lagu bernada tak ceria mendorong suasana hati buruk.

Menurut Profesor Neal M. Ashkanasy dari University of Queensland orang yang memiliki suasana hati positif akan lebih mungkin untuk bekerja sama dan kreatif. Sementara itu orang dengan suasana hati negatif cenderung berusaha menyelesaikan masalah seorang diri.

"Pada intinya emosi ini yang paling penting," ujar Neal M. Ashkanasy mengomentari studi seperti dikutip dari Reuters & detikHealth.com

No comments