Resmi: Manor Racing Umumkan Pengganti Rio Haryanto di F1

Resmi: Manor Racing Umumkan Pengganti Rio Haryanto di F1.


SilahkanSHARE.com | Kabar buruk harus diterima publik Indonesia karena pembalap muda kebanggaannya, Rio Haryanto, mesti menyudahi kontrak bersama Manor Racing Team yang berlaga di Formula One (F1). Hal itu terjadi karena pihak manajemen Rio Haryanto belum mampu melunasi kewajibannya mengenai perjanjian kontrak di awal musim.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang sempat menjadi jembatan untuk Rio Haryanto mencari sponsor menyatakan kecewa dengan keputusan Manor tersebut. Namun melalui pernyataan resmi yang dikeluarkan melalui situs resminya, Kemenpora menegaskan siap mendukung Rio Haryanto di masa yang akan datang.

“Sedangkan untuk persiapan partisipasi Rio Haryanto pada tahun-tahun mendatang, pemerintah tentu saja mendukung. Namun itu semua akan dibicarakan dengan manajemen Rio Haryanto,” tulis pihak Kemenpora, seperti dalam situs resmi Kemenpora.

Merangkum dari situs huntnews.id, [11/08/16]. “Kemenpora akan berusaha memperbaiki mekanisme persiapan untuk partisipasi Rio Haryanto di F1 di tahun mendatang. Setidaknya masih ada waktu yang yang cukup,” tambahnya.

Sementara pihak Manor Racing Team sebenarnya tak ingin memutus kerjasama dengan Rio Haryanto. Tim yang berasal dari Inggris tersebut menawarkan pembalap asal Surakarta tersebut untuk menjadi pembalap cadangan di sisa balapan F1.

Pengganti Rio Haryanto


Manor Racing menunjuk Esteban Ocon untuk menjadi tandem Pascal Wehrlein di sisa Formula One (F1) musim 2016. Adapun Ocon menggantikan Rio Haryanto yang diturunkan statusnya sebagai pembalap cadangan Manor Racing.

Ocon pun akan melakoni debutnya di F1 kala GP Belgia yang digelar 28 Agustus 2016. Pembalap berkebangsaan Prancis tersebut adalah salah satu driver dengan bakat tercerah di dunia balap.

Sama seperti Wehrlein, Ocon merupakan pembalap didikan Mercedes. Pembalap berusia 19 tahun ini sebelumnya adalah reserve driver Renault, juga ikut mengaspal bersama Mercedes-AMG di 2016 DTM Championship.

Komentar Rio Haryanto


Selepas diturunkan kastanya oleh Manor, untuk kali pertama Rio Haryanto membuka suara. Pembalap kelahiran Surakarta 23 tahun yang lalu tersebut menyampaikan pernyataannya melalui Twitter pribadinya @RHaryantoracing.

“Jadi saya tidak lagi membalap di 2016 karena kurangnya dana. Terima kasih untuk semua ucapan baik Anda. Saya menanti tantangan berikutnya,”

Tulis Rio seperti dikutip dari laman Twitter resminya, Kamis [8/16].

Masa depan Rio Haryanto bersama Manor Racing memang goyah dalam beberapa bulan terakhir, tepatnya ketika musim kompetisi memasuki jeda musim panas. Kurangnya dana yang dibayarkan kepada Manor membuat posisi Rio menjadi tak pasti.

Rio masih belum menyelesaikan pembayaran dana ke pihak Manor. Saat ini dana yang sudah dibayarkan adalah delapan juta euro atau sekira Rp116 miliar. Seharusnya dana yang disetorkan oleh pihak Rio ke Manor yakni sebesar 15 juta euro atau sekira Rp217 miliar.

No comments