Piramida Pertama Ternyata Bukan di Mesir, Tapi di Kazakhstan?

Piramida Pertama Ternyata Bukan di Mesir, Tapi di Kazakhstan?


SilahkanSHARE.com | Mendengar kata piramida tentu saja kita langsung berpikir, dan tertuju dengan Mesir.  Memang benar! Mesir yang dikenal sebagai "negeri piramida" sekalipun ditemukan situs piramida dalam jumlah besar di Semenanjung Yucatan yang merupakan pusat peradaban Maya.

Namun, piramida pertama ternyata bukan di Mesir, melainkan di Kazakhstan. Setidaknya itulah yang dikatakan oleh para arkeolog dari Saryarkinsky Archeology Institute di Karaganda.

Salah satu arkeolog, Viktor Novozhenov, mengatakan reruntuhan struktur piramida raksasa ditemukan tahun lalu di Saryarke. Usia piramida itu ditaksir lebih dari 3.000 tahun.

Menurut Viktor, piramida itu dibangun untuk menghormati firaun lokal yang menjadi pemimpin suku paling maju pada akhir Zaman Perunggu.

Dikutip dari dream.co.id, [08/16]. "Upaya membuka ruang makam akan dikerjakan dalam beberapa hari ke depan," katanya.

Piramida itu tampak sangat mirip dengan Djoser di Mesir. Djoser adalah sebuah makam batu kapur setinggi 62 meter. Terletak di bawah tanah, Djoser merupakan labirin yang rumit.

Reruntuhan piramida di Karaganda itu ditemukan di distrik Shet di Kazakhstan Tengah. Di situs tersebut terdapat 27 konstruksi bangunan yang memiliki ciri yang berbeda.

No comments