Berkunjung ke Pintu Neraka dari Turkmenistan yang Mengagumkan

Berkunjung ke Pintu Neraka dari Turkmenistan yang Mengagumkan.


SilahkanSHARE.com | Jika liburan ke Turkmenistan, pintu petualangan kita dibuka lebar untuk menjelajah eksotisme Asia Tengah. Tidak hanya budayanya yang menarik, melainkan juga keajaiban alamnya.

Dilansir detikTravel dari AFP, [4/8/16] keajaiban alam yang menjadi primadona di Turkmenistan adalah tempat bernama Door to Hell di Gurun Karakum, hanya 264 km atau 3 jam perjalanan dari Ibukota Ashgabat. Seperti namanya, pemandangan di sini ngeri-ngeri sedap.

Ada sebuah lubang raksasa menganga bagaikan kawan gunung berapi. Di dalam lubang itu ada api menyala-nyala dan menjilat-jilat. Gambaran neraka di bumi, cocok sekali disematkan di sini. Tidak heran ia diberi nama Door to Hell.

Apa yang sebenarnya terjadi di sana? Begini ceritanya, Turkmenistan dulu masuk wilayah Uni Sovyet dan kaya dengan gas alam. Pada insinyur melakukan pengeboran gas tahun 1971, namun melakukan kesalahan fatal.

Bornya menembus gua bawah tanah dan tanah di atasnya runtuh membentuk kawah besar. Kawah itu mengeluarkan gas, para insinyur sepakat membakar gasnya agar tidak meracuni orang di sekitarnya. Mereka sangka apinya akan padam dalam waktu singkat. Namun hingga 40 tahun lebih kemudian apinya tetap membara.

 

[caption id="attachment_6341" align="aligncenter" width="550"]Kawah tercipta akibat kesalahan prosedur tambang (AFP)                          Kawah tercipta akibat kesalahan prosedur tambang (AFP)[/caption]

 

 

Tidak bisa jadi daerah tambang, tempat ini diarahkan menjadi destinasi wisata. Pemandangan yang dahsyat menjadi magnet untuk wisatawan. Mulai tahun 2014, kawasan ini mulai dijadikan destinasi pariwisata ditandai dengan peresmian area sekitar menjadi taman nasional.

Wisatawan bisa berwisata naik jeep, quad bikes alias ATV atau naik unta di sekitar kawah ini. Atraksi utama tentu saja kawah neraka yang menyala-nyala. Turkmenistan yang cukup terisolir dari radar wisatawan, pelan-pelan menjadi dikenal.

[caption id="attachment_6342" align="aligncenter" width="550"]Door to Hell menyala di waktu malam(AFP)                                      Door to Hell menyala di waktu malam(AFP)[/caption]

 
Media sosial berperan juga mempromosikan kawah yang disebut warga lokal dengan nama Kawah Derweze ini. Netizen dibuat kaget melihat foto Door to Hell, lantas menjadi viral dan disebar di medsos. Foto kawah inilah yang jadi meme, atau dengan narasi dan kutipan ayat-ayat yang mungkin akhirnya sampai di gadget Anda.

No comments