Ini Penjelasan Ilmiah, Mengapa Air Mata Sering Keluar Saat Menguap

Ini Penjelasan Ilmiah, Mengapa Air Mata Sering Keluar Saat Menguap.


SilahkanSHARE.com | Berbicara mengenai mengeluarkan air mata, bukan hanya dalam kondisi menangis saja kita mengeluarkan air mata. Air mata juga bisa terjadi karena beberapa hal. Misalnya saja adalah karena mata kemasukan air atau benda yang membuat mata pedas, karena uap bawang yang pedas dan mata pun berair atau karena menguap. Sadar atau tidak, selama ini kita sering kali mengeluarkan air mata saat menguap.

Memang, air mata yang keluar tidak terlalu banyak dalam sekali menguap. Tapi, jika kita sedang ngantuk berat dan berkali-kali menguap, inilah nantinya yang akan menyebabkan air mata yang keluar dari mata sangat banyak. Lantas, kenapa sih kok mata bisa berair saat menguap?

Dikutip dari vemale.com, keluarnya air mata saat menguap adalah kondisi normal. Dalam dunia medis, ada penjelasan ilmiah kenapa mata jadi berair saat menguap.

Alasan mata berair saat menguap sendiri adalah karena adanya proses tekanan pada kelenjar air mata. Saat kita menguap, kelopak mata secara otomatis akan berusaha menutup secara rapat. Ini juga sering kali dibarengi dengan adanya tekanan pada otot-otot sekitar mata yang membuat mata jadi berair.

Semakin banyak kita menguap, maka kelenjar air mata yang mengalami tekanan semakin kuat. Otot-otot mata yang bergerak pun semakin banyak. Dan ini yang nantinya membuat air mata yang keluar dari mata semakin banyak karena menguap.

Untuk menguap sendiri, para ahli sebelumnya mengungkapkan bahwa menguap terjadi karena tubuh lelah, perasaan bosan atau mengantuk. Sementara itu, perasaan lelah, bosan atau mengantuk ini menurut ahli terjadi karena otak mengalami kekurangan oksigen. Hanya saja, belum ada penjelasan lebih detail dan bukti terpercaya bahwa menguap adalah proses penarikan oksigen dari paru-paru ke arah otak demi mencukupi kebutuhan oksigen dalam otak.

Sampai saat ini, aspek-aspek mengenai menguap masih menjadi misteri. Pasalnya, janin yang ada di dalam rahim juga menguap dan belum diketahui apakah janin ini juga menarik oksigen dari paru-paru ke otak. Nah, sekarang semakin tahu kan kenapa saat menguap kita sering kali mengeluarkan air mata. Semoga, informasi ini bermanfaat.

No comments