Destinasi Berlibur ke Pantai Suwuk Kebumen, Jawa Tengah

Destinasi Berlibur ke Pantai Suwuk Kebumen, Jawa Tengah.


SilahkanSHARE.com | Sudah memasuki waktu akhir pekan, jenuh rasanya bila di akhir pekan ini kita hanya berdiam, merenung di rumah dan hanya menatap layar gadget. Mungkin untuk mengisi waktu akhir pekan ini kita perlu refreshing, untuk menyegarkan pikiran kita.

Salah satu alternatif  tempat yang sering untuk tujuan wisata biasanya adalah berkunjung ke pantai-pantai. Bila anda ingin menghabiskan waktu akhir pekan ini ke pantai, mungkin anda perlu mengunjungi salah satu pantai yang tardapat di Kebumen, Jawa Tengah ini.

Sudah pernah liburan ke pantai Suwuk Kebumen? Yuk jalan-jalan ke pantai berpasir hitam ini.

Lokasi pantai suwuk sendiri ada di desa Suwuk, kecamatan Puring, kabupaten Kebumen. Wisatawan tidak akan kesulitan untuk menemukan pantai ini.

Pantai ini terletak 22 km sebelah selatan Gombong dan dapat ditempuh sekitar 45 menit, terletak sekitar 35 Km sebelah barat daya Kota Karanganyar dapat ditempuh lebih dari 1 Jam, dan terletak 50 Km dari Kota Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk menuju Pantai Suwuk.

Bagi anda yang berasal dari arah timur yang kebetulan sedang melintasi jalan selatan-selatan atau jalan Daendels dari arah Yogyakarta dapat langsung lurus menuju Pantai Suwuk.

Kuliner Pantai Suwuk Kebumen


Karakteristik pantai suwuk hampir sama dengan pantai-pantai lainnya di Kebumen. Untuk lebih memaksimlakan liburan anda, silahkan sewa seekor kuda untuk menyisir eloknya Pantai Suwuk ini.

Setelah puas mengeksploitasi keindahan pantai ini, kita bisa menikmati aneka sajian kuliner nan lezat dan minuman segar. Anda dapat menikmati pecel dan lontong, es kelapa hijau, jangan lupa pula peyek ubur-uburnya dan berbagai jenis peyek lainnya.

Di sepanjang pantai ini juga banyak berjejer warung-warung yang menyajikan aneka kuliner lezat yang memanjakan lidah.

Fasilitas Pantai Suwuk Kebumen


Untuk menunjang objek wisata pantai ini, sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitasi seperti:

  • Wahana Permainan sederhana

  • Terdapat eks Pesawat Garuda Boeing 737 yang dapat dinikmati pengunjung

  • Masjid al Mutaqien

  • Terdapat Toko oleh-oleh khas Pantai Suwuk

  • Terdapat warung penjual jajanan khas Kebumen

  • Toilet umum


Perlu diketahui juga oleh wisatan, sebaiknya mandi-mandinya di pinggiran saja, karena ombak pantai ini cukup ganas. Bahkan lebih ganas ketimbang pantai Parangtritis di Jogja sana.

Akses Menuju Pantai Suwuk Kebumen


Untuk rute menuju, bisa ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit dari kota Gombong, dan dapat ditempuh lebih dari 1 Jam, dari Karanganyar. Jika dari Kota Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk menuju Pantai Suwuk.

Bagi anda yang berasal dari arah timur yang kebetulan sedang melintasi jalur selatan Jawa dari arah Yogyakarta dapat langsung lurus menuju Pantai Suwuk.

Harga Tiket Masuk Pantai Suwuk Kebumen


Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, wisatawan dikenakan tarif Rp.3.500/orang untuk dewasa dan Rp.2,500/orang untuk anak 5 tahun ke bawah Anda dapat menikmati keindahan Pantai Suwuk.

Ciri Khas Pantai Suwuk Kebumen


Untuk ciri pantai ini yaitu berupa pemandangan padang pasir pantai yang luas disertai tanaman pandan dan rerumputan, padang pasir tersebut dapat digunakan pula untuk wisata offroad.

Selain itu pemandangan pengunungan kapur disebelah barat dan utara menjadi panorama yang menarik. Selain itu Bibir pantai di pantai ini juga curam dengan kemiringan 35 derajat jadi sedikit betbahaya.

Sumber: Detik.com

No comments