4 Manfaat Kebiasaan Minum Air Hangat untuk Tubuh

4 Manfaat Kebiasaan Minum Air Hangat untuk Tubuh.


SilahkanSHARE.com | Diminum pada suhu yang berbeda, air putih dapat membawa berbagai dampak untuk tubuh kita. Bila kita sebelumnya sering meminum air putih dalam keadaan dingin, cobalah minum air putih dalam suhu yang masih hangat.

Karena ada 4 manfaat yang yang berguna untuk tubuh kita, jika mengkonsumsi air putih dalam kondisi suhu yang masih hangat. Berikut manfaat jika kita minum air hangat yang dikutip dari detikHealth, [21/07/16].

#1. Cepat hilangkan haus


Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor, mengatakan air dapat terserap lebih cepat jika memiliki suhu yang sama dengan suhu tubuh. Oleh karena itu jika Anda minum air dingin saat haus maka tubuh akan berusaha menyamakan suhunya terlebih dahulu membuat penyerapan berjalan lebih lambat.

"Kalau minum air dingin memang perlu waktu untuk menyesuaikan dengan suhu tubuh. Butuh waktu lebih hingga diserap ke darah. Makanya kalau haus itu lebih baik minum air hangat," tutur Prof Hardinsyah.

#2. Bantu detoks


Meminum air hangat akan meningkatkan suhu tubuh dan membuat seseorang mudah berkeringat. Saat itulah beragam zat sisa metabolisme akan terbantu ikut keluar.

Untuk dapat efek yang lebih baik bisa juga air dicampur dengan madu atau lemon. Lemon membantu hati memproduksi enzim yang akan membantu proses pencernaan dan membantu hati mengeluarkan racun.

#3. Ringankan sakit tenggorokan


Iritasi pada tenggorokan karena batuk atau tonsil dapat benar-benar menyakitkan. Salah satu manfaat kesehatan dari minum air hangat adalah ia mampu mengurangi nyeri tenggorokan, batuk dan membantu dahak keluar dengan mudah.

#4. Kurangi keluhan kram


Air hangat dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh yang menegang sehingga baik untuk keluhan keram. Efek ini bisa didapat dengan cara menggunakannya untuk kompres atau bisa juga diminum terutama pada keluhan kram menstruasi.

No comments