Makanan & Minuman Pencegah Sakit Perut

Makanan & Minuman Pencegah Sakit Perut.


SilahkanSHARE.com | Sakit perut karena haid, kram, mual, atau diare bisa membuat Anda tak bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Namun anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa makanan yang bisa menenangkan perut Anda.

Berikut ini ada beberapa makanan yang bisa membantu meringankan sakit pada perut Anda berkurang, seperti dikutip Shape & liputan6.com, [10/6/2016].

#1. Pisang


Pisang mudah dicerna dan umumnya tidak mengganggu perut. Buah ini benar-benar dikenal untuk membantu masalah perut karena mengandung pektin, yang membantu buang air besar secara alami.

#2. Pepaya


Makan pepaya membantu mendorong pencernaan, meredakan gangguan pencernaan, dan juga sembelit. Ajaib, dalam pepaya terdapat papain enzim, dan chymopapain yang membantu memecah protein, dan dapat menenangkan perut.

#3. Nasi putih


Ketika Anda merasa perut kocar-kacir, ide yang baik untuk tetap makan makanan putih, seperti nasi, roti, atau kentang rebus. Selain tidak membuat stres, sistem pencernaan yang sudah sensitif, makanan ini membantu meringankan diare dengan menyerap cairan, dan membuat kotoran Anda padat.

#4. Jahe


Sejumlah penelitian telah menunjukkan jahe bekerja dengan baik sebagai obat anti-mual, dan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Jika Anda memutuskan untuk makan jahe, batas yang direkomendasikan adalah empat gram jahe setiap hari.

#5. Saus apel


Seperti pisang, apel merupakan sumber yang baik bagi pektin, dan membantu mengurangi gejala diare. Jika sakit perut, ambil saus apel karena mudah dicerna.

#6. Teh herbal


Selain efek menenangkan, secangkir teh hangat baik untuk penyembuhan perut. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa peppermint mengaktifkan saluran antipain di usus besar. Selain itu juga bisa mengurangi gejala yang berhubungan dengan IBS.

#7. Yoghurt


Kebanyakan susu mengakibatkan sakit perut. Tapi satu porsi yoghurt plain justru sebaliknya. Kuncinya adalah memastikan Anda memilih yoghurt yang diberi label 'kultur aktif'. Ini akan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, membantu pencernaan, dan mengurangi rasa tidak nyaman karena kembung.

No comments