Pakar: Minum Air Sebelum Makan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Pakar: Minum Air Sebelum Makan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan.


SilahkanSHARE.com | Untuk bisa menurunkan berat badan, orang biasanya langsung terpikir untuk mendaftarkan diri ke gym atau ke pakar gizi untuk konsultasi diet. Nah, selain cara-cara tersebut, ada trik lain yang bisa dilakukan guna menurunkan berat badan lho.

Ya, menurut peneliti Elizabeth A. Dennis, minum dua gelas air putih paling tidak 30 menit sebelum makan dapat membantu Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Dalam studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Obesity tersebut, Dennis melibatkan sekelompok pria dan wanita dengan berat badan berlebih. Mereka kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk minum air putih dua gelas setiap sebelum makan, sementara kelompok kedua tidak.

Seperti dikutip dari News Max Health, Senin (16/5/2016), setelah 12 pekan hasilnya menunjukkan bahwa kelompok pertama kehilangan berat badan rata-rata 6 kg. Sementara kelompok kedua mengalami penurunan berat badan rata-rata 1-2 kg saja.

Berangkat dari hasil studi tersebut, tim peneliti menyimpulkan bahwa minum air putih sebelum makan bisa membuat seseorang tanpa disadari menjadi makan dengan porsi lebih sedikit. Nah, jika Anda sedang ingin turun berat badan, trik sederhana ini bisa dicoba dilakukan.

Studi lainnya yang dilakukan peneliti di University of Illnois juga menunjukkan bahwa menambah jumlah konsumsi minum air putih berpengaruh pada jumlah kalori yang diasup. Tak hanya itu, lebih banyak minum air putih juga mengurangi konsumsi gula, sodium, dan lemak.

Dalam studi yang dipublikasi dalam Journal of Human Nutrition and Dietetics tersebut, peneliti menemukan bahwa menambah satu sampai dua gelas konsumsi air putih bisa mengurangi jumlah asupan kalori. Untuk studi ini, peneliti menganalisis data konsumsi makanan dari 18.311 orang dewasa yang ambil bagian di National Health and Nutrition Examination Survey dari tahun 2005 sampai 2012.

Sumber: detikhealth.com

No comments