6 Cara Mudah Kenali Bakat Si Kecil

6 Cara Mudah Kenali Bakat Si Kecil.


SilahkanSHARE.com | Setiap orangtua tentunya merasa, setiap anak yang mereka lahirkan memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki bakat seni hingga bidang akademik yang luar biasa.

Sayangnya, tidak semua anak mampu menunjukkan bakatnya tanpa dipancing atau diasah terlebih dahulu. Dan tak semua orangtua juga mampu menilai intelegensi anak dengan kilat.

Seperti dilansir lamana New Kids Center, [25/05/16] pada usia muda atau saat anak masih bayi memang tak ada cara untuk mencari ciri-ciri dari bakat anak kecuali Anda menyewa seorang profesional yang ahli melihat bakat anak. Meski begitu, Anda dapat melihat tanda-tanda yang mungkin saja muncul pada si kecil dengan cara berikut ini:

#1. Motorik lebih cepat


Melihat bakat atau kelebihan anak dapat dillihat dari kemampuan motorik anak (khususnya usia bayi) dengan melihat cepat atau lambatnya anak mampu merangkak, berjalan, bahkan bicara.

Anak yang memiliki kemampuan motorik lebih awal diyakini memiliki keunggulan di masa pertumbuhannya kelak.

#2. Keterampilan bahasa


Bayi yang berbakat cenderung lebih cepat berbicara. Anak berbakat akan menunjukkan minat membaca atau memahami gambar pada buku saat usia 6 bulan. Bahkan mereka mampu berbicara saat usia 14 bulan dan mengulang perkataan yang diucapkan saat usia 18 bulan.

#3. Memiliki daya fokus yang baik


Kebanyakan bayi atau balita akan kehilangan minatnya untuk mendengarkan cerita atau membaca buku cerita dengan cepat. Namun anak yang memiliki intelegensi tinggi akan duduk dan fokus mendengarkan seluruh cerita hingga selesai - lalu ia baru mengerjakan kegiatan lainnya.

#4. Memiliki perilaku dan emosional khusus


Anak yang memiliki intelegensi yang tinggi cenderung memiliki emosi yang kompleks seperti mampu memberitahu teman sebayanya untuk berempati.

Sedangkan anak yang memiliki emosional yang kurang sensitif, kurang merasa empati terhadap orang lain. Hal ini menandakan dia memiliki kemampuan pemahaman standar.

#5. Memiliki imajinasi


Anak-anak berbakat cenderung memiliki imajinasi atau khayalan yang luar biasa, bahkan terlalu canggih. Imajinasi itu mampu diperankan si kecil dengan baik. Tak sedikit dari mereka yang merasa memiliki teman imajinasi.

#6. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi


Anak dengan rasa ingin tahu yang tinggi bisa menjadi tanda ia memiliki kemampuan intelegensi yang tinggi dari ukuran normal. Biasanya anak akan mampu memainkan benda apapun yang bukan mainannya.

Mungkin memang sedikit berbahaya bila ia memainkan benda tajam. Namun selama Anda bisa memastikan mengontrol si kecil saat ia bermain di rumah, hal berbahaya dapat dicegah.

Sumber: health.liputan6.com

No comments