Studi: Minum Teh Secangkir Sehari Bisa Perkecil Risiko Serangan Stroke

Studi: Minum Teh Secangkir Sehari Bisa Perkecil Risiko Serangan Stroke.


SilahkanSHARE.com | Mungkin dikalangan kita sudah banyak orang yang mengkonsumsi minuman teh disetiap harinya, namun belum tahu manfaatnya?

Studi terbaru menemukan orang yang minum teh minimal secangkir sehari jantungnya lebih sehat. Juga terhindari dari penyakit jantung koroner.

Penelitian ini juga membuktikan peminum teh punya lebih sedikit timbunan kalsium dalam pembuluh darah arteri jantung. Timbunan kalsium berkaitan dengan kondisi serius seperti serangan jantung dan stroke.

“Kami menemukan peminum teh punya perkembangan yang lambat pada timbunan pembuluh darah arteri koroner. Yang berarti terhindar dari penyakit kardiovaskular,’demikian ujar Dr.Elliot Miller, instruktur obat-obatan dan pengobatan fisik John Hopskins Hospital di Baltimore.

Namun Miller menyebutkan bahwa penelitian ini tidak dapat membuktikan hubungan penyebab dan efek antara minum teh dan penyakit jantung.

‘Ini merupakan studi pengamatan sehingga kami tak bisa menegaskan hasil ini karena teh saja tau gaya hidup sehat dari peminum teh,’ ujarnya.

Dalam studi ini dikumpulkan data lebih dari 6000 pria dan wanita sejak tahun 2000. Pada awal penelitian semua peserta bebas dari penyakit jantung.

Selama 11 tahun peneliti mengamati peserta yan terkena serangan jantung, stroke, sakit dada dan meninggal. Juga diukur endapan kalsium pada pembuluh darah mereka selama 5 tahun dan dibandingkan dengan kondisi awal mereka.

Penelitian menemukan orang yang minum teh secangkir sehari punya risiko terkena penyakit jantung sepertiga lebih kecil. Peminum teh, orang yang minum satu hingga tiga cangkir teh setiap hari juga menunjukkan penurunan timbunan kalsium pada pembuuh darah arterinya.

Meskipun tidak bisa disimpulkan bahwa minum lebih dari 3 cangkir teh sehari jantung akan lebih sehat. Dalam penelitian ini hanya sedikit peserta yang minum lebih dari 4 cangkir teh setiap hari.

Jenis teh hitam atau hijau yang diminum juga tak dibedalan dalam penelitian ini. Miller tak bisa menjelaskan mengapa teh bisa membuat jantung lebih sehat. Namun, dari banyak studi menyebutkan flavonoid yang terdapat pada teh berfungsi melindungi jantung.

‘Terlalu awal menyimpulkan minum teh akan membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Tetapi bisa dipastikan kandungan zat alami dalam teh menjadi pelindung jantung. Peminum teh umumnya lebih sehat dibandingkan yang bukan peminum teh,’demikian tegas Miller seperti dikutip dari medicalexpress.com.

Sumber: detikFood

No comments