Inilah 7 Tipe Kecerdasan Manusia Selain IQ

Inilah 7 Tipe Kecerdasan Manusia Selain IQ.


SilahkanSHARE.com | Baru-baru ini, peneliti telah mencoba untuk memahami berbagai bidang intelijen (diperoleh dengan hasil tes). Melalui cara-cara baru untuk mengeksplorasi cara kerja otak, mereka mulai mempertimbangkan faktor kecerdasan tambahan seperti disiplin, ketekunan, dan hubungan interpersonal.

Segera menjadi jelas bahwa sebenarnya ada berbagai jenis kecerdasan. Mereka mengakui bahwa setiap dari kita condong ke satu jenis kecerdasan. Tetapi melalui latihan, kita dapat mengembangkan jenis kecerdasan yang lain.

Dalam penelitiannya, psikolog Howard Gardner membahas keberadaan tujuh jenis kecerdasan dan menyimpulkan bahwa setiap orang memiliki sebagian kecil dari semua tujuh dalam diri mereka.

#1. Kecerdasan Linguistik


Orang yang memiliki kecerdasan linguistik cenderung memiliki kemampuan yang baik dalam mengekspresikan diri secara lisan dan tertulis. Tipe orang ini memiliki kesadaran yang sangat kuat dan kemampuan untuk dengan mudah memahami sudut pandang orang lain. Mereka biasanya pandai dalam berkata-kata.

#2. Kecerdasan Logika


Orang dengan profil ini memiliki kemampuan untuk mengelola matematika dan logika dengan mudah. Mereka memiliki kemampuan berpikir cepat dalam memecahkan masalah yang kompleks.

Selain itu, mereka memiliki kemampuan untuk membagi masalah menjadi tugas yang lebih kecil dan menyelesaikannya sampai mereka mencapai jawaban akhir.

#3. Kecerdasan Kinestetik


Kecerdasan kinestetik berkaitan dengan kemudahan ekspresi tubuh. Orang semacam ini memiliki kepekaan yang besar terhadap ruang, jarak, kedalaman, dan luas. Dengan kontrol yang lebih besar dari tubuh, orang ini dapat melakukan gerakan-gerakan yang kompleks dengan presisi dan mudah.

Otak kecil, yang merupakan bagian dari otak yang mengontrol gerakan sukarela tubuh, berhubungan dengan kecerdasan kinestetik. Kecerdasan tipe ini biasanya dimiliki oleh seorang atlet olahraga.

#4. Kecerdasan Spasial


Mereka yang telah meningkatkan kecerdasan spasial memiliki kemampuan untuk membuat, membayangkan, dan menggambar dua dimensi dan tiga dimensi.

Orang dengan tipe kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk membayangkan, membuat, dan melihat hal-hal yang kebanyakan orang lain menganggapnya sebagai sesuatu yang mustahil. Mereka cukup ahli dalam bidang arsitektur, multimedia, dan kedirgantaraan.

#5. Kecerdasan Musikal


Kecerdasan musikal adalah tipe kecerdasan yang cukup langka. Orang dengan tipe kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi pola dan notasi musik yang berbeda dengan mudah.

Seseorang yang memiliki kecerdasan musikal biasanya dapat dengan mudah membuat harmoni dan lagu. Selain itu, mereka dapat belajar atau memainkan alat musik secara otodidak.

#6. Kecerdasan Interpersonal


Sering dikatakan bahwa orang yang memiliki kecerdasan interpersonal adalah orang yang dilahirkan untuk menjadi pemimpin.

Kecerdasan ini mirip seperti jenis kecerdasan emosional. Orang-orang dengan kecerdasan ini biasanya memiliki rasa tanggung jawab yang besar. Mereka dapat mengerti perasaan orang lain. Selain itu, mereka juga tahu bagaimana menggunakan pengetahuan dan kekuatan mereka sendiri untuk mempengaruhi orang lain.

Seseorang dengan kecerdasan interpersonal dapat dengan mudah mengidentifikasi kualitas pada orang lain dan tahu bagaimana caranya membawa kualitas tersebut keluar.

#7. Kecerdasan Intrapersonal


Kecerdasan intrapersonal merupakan karakteristik dari seseorang yang sangat terhubung dengan diri mereka sendiri. Di antara masing-masing dari tujuh jenis kecerdasan, kecerdasan intrapersonal dianggap paling langka. Orang yang memiliki kecerdasan ini cenderung dapat mengenali diri sendiri dengan baik.

Itulah tipe-tipe kecerdasan manusia. Setiap manusia memiliki tipe kecerdasannya masing-masing. Kamu termasuk yang mana?

Sumber: isgood.com

No comments