Manfaat Jambu biji Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jambu biji Merah Bagi Kesehatan Tubuh.


SilahkanSHARE.com | Buah-buahan memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Selain sebagai makanan yang banyak dikonsumsi dikalangan masyarakat buah-buahan juga dipercayai sebagai obat. Seperti buah yang satu ini yaitu jambu biji merah.

Kebanyakan orang menganggap jambu biji hanya dapat  membantu mempercepat pnyembuhkan  penyakit demam berdarah saja. Padahal, buah jambu ini selain kaya akan vitamin C dan juga memiliki banyak khasiat kesehatan yang belum banyak diketahui.

Menurut beberapa ahli kesehatan, jambu mempunyai banyak manfaat. Mulai dari penyakit yang sederhana sampai penyakit yang berat seperti kanker.

Berikut manfaat jambu buji merah seperti yang dikutip dari suaradesa.com [01/03/16]:

#1. Mencegah kanker


Jambu biji merah dikenal sebagai buah yang rendah kalori serta lemak. Akan tetapi, jambu biji merah kaya berbagai vitamin mineral penting didalamnya. Selain itu, buah ini juga mengandung senyawa antioksidan poli-fenolik serta flavonoid yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

#2. Melancarkan sistem pencernaan


Buah jambu biji merah dikenal kaya akan serat. Didalamnya terkandung sumber serat larut yaitu sekitar 14% dari DRA atau 5,4 g per 100 g buah. Inilah yang dapat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, serat juga berguna dalam melindungi membran mukosa usus. Yaitu mengurangi efek buruk dari racun dan mengikat berbagai bahan kimia di usus besar yang diyakini sebagai penyebab kanker.

#3. Menjaga fungsi otak dan syaraf


Manfaat jambu biji merah lainnya adalah menjaga fungsi otak dan syaraf. Karena jambu biji merah mengandung vitamin B3 dan B6, maka tak heran buah ini berfungsi untuk merangsang otak. Vitamin B6 yang juga dikenal sebagai pyridoxine juga mampu meningkatkan aliran darah serta memberi nutrisi penting bagi otak dan fungsi syaraf.

#4. Penangkal radikal bebas


Buah ini banyak mengandung vitamin C. Jadi, tidak heran jika jambu biji merah memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebeas. Selain itu, vitamin C juga sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan atau daya tahan tubuh.

4 comments:

  1. bagi saya yang namanya buah, udah menjadi makanan saya setiap hari sampai dibilang monyet oleh orang banjarmasin tapi bagi saya tak apa" karena yang merasakan manfaatnya adalah saya sendiri, dan ada buah yang tak berani untuk mencobanya yaitu buah dada, maklum masih single.

    ReplyDelete
  2. bagi saya yang namanya buah, udah menjadi makanan saya setiap hari sampai dibilang monyet oleh orang banjarmasin tapi bagi saya tak apa" karena yang merasakan manfaatnya adalah saya sendiri, dan ada buah yang tak berani untuk mencobanya yaitu buah dada, maklum masih single.

    ReplyDelete
  3. bagi saya yang namanya buah, udah menjadi makanan saya setiap hari sampai dibilang monyet oleh orang banjarmasin tapi bagi saya tak apa" karena yang merasakan manfaatnya adalah saya sendiri, dan ada buah yang tak berani untuk mencobanya yaitu buah dada, maklum masih single.

    ReplyDelete
  4. bagi saya yang namanya buah, udah menjadi makanan saya setiap hari sampai dibilang monyet oleh orang banjarmasin tapi bagi saya tak apa" karena yang merasakan manfaatnya adalah saya sendiri, dan ada buah yang tak berani untuk mencobanya yaitu buah dada, maklum masih single.

    ReplyDelete