Bukan Hanya Sehatkan Mata, Makan Wortel Juga Pangkas Risiko Kanker Payudara

Bukan Hanya Sehatkan Mata, Makan Wortel Juga Pangkas Risiko Kanker Payudara.


SilahkanSHARE.com | Wortel biasanya lebih identik dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan mata. Namun studi baru-baru ini menemukan bahwa asupan ini juga sangat baik untuk menurunkan risiko kanker payudara.

Seperti disampaikan oleh peneliti dari 'Breast Cancer Now', Richard Berks, bahwa mengonsumsi wortel secara teratur dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita hingga 60 persen. Alasannya, asupan ini kaya akan beta-karoten. Selain pada wortel, beta-karoten juga dimiliki oleh bayam, paprika merah dan mangga.

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti melakukan studi terhadap sekitar 1.500 wanita yang didiagnosis dengan tumor di payudara dan sekitar 1.500 wanita lain yang tidak memiliki tumor. Para responden ini ditanyai tentang kebiasaan diet mereka dan dilakukan juga tes darah untuk mengukur kadar beta-karoten yang dimilikinya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi makanan kaya akan beta-karoten seperti wortel, memiliki penurunan risiko 40-60 persen untuk memiliki kanker payudara.

Dalam studi yang telah dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition tersebut, dikatakan bahwa beta-karoten memang memiliki manfaat besar dalam tubuh. Di antaranya yakni membantu sistem penglihatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Tapi ingat, hindari mengonsumsinya dalam dosis besar dari suplemen, sebab risikonya justru dapat merusak beberapa bagian tubuh dan meningkatkan risiko kanker paru-paru," tutur Berks, seperti dikutip dari Daily Mail, [29/02/16].

Ia melanjutkan, selain dengan mengonsumsi wortel dan sumber alami beta-karoten lainnya, risiko kanker payudara juga bisa dipangkas dengan melakukan gaya hidup sehat seperti menjaga berat badan tetap terkontrol, diet sehat, lebih aktif berolahraga dan menghindari konsumsi alkohol.

Sumber: Detikhealth.com

No comments