Untuk Pasien Gangguan Jantung Ini Olahraga yang Tepat untuk Anda

Untuk Pasien Gangguan Jantung Ini Olahraga yang Tepat untuk Anda.


SilahkanSHARE.com | Meskipun olahraga sangat dianjurkan bagi semua orang karena memiliki banyak manfaat sehat, namun tidak demikian untuk Anda yang memiliki riwayat dengan gangguan jantung. Mengapa demikian?

"Rajin olahraga memang penting, tapi olahraganya yang santai saja. Jangan terlalu dipaksakan atau bersifat 'pertandingan'," ujar dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari RS Jantung Harapan Kita, dr Isman Firdaus, SpJP-FIHA, dikutip dari detikHealth [19/01/16].

Jenis olahraga yang aman untuk pasien jantung dicontohkan oleh dr Isman di antaranya seperti:

jalan kaki santai sejauh 2-3 km. Kegiatan ini bisa dilakukan selama lebih kurang 30 menit. Selain itu, bersepeda santai juga bisa menjadi pilihan.

"Pokoknya jangan yang gerakannya mendadak dan jangan bertanding, misalnya hindari tanding basket atau futsal. Main badminton boleh, tapi yang pelan-pelan saja jangan terlalu bersemangat. Angkat barbel juga sebaiknya hindari," pesan dokter dengan akun Twitter @ismanf tersebut.

Selain rajin berolahraga, dr Isman juga menganjurkan Anda yang memiliki riwayat sakit jantung untuk mengontrol tekanan darah, kolesterol dan gula darah. Sebisa mungkin usahakan tetap berada pada batas normal.

"Untuk tekanan darah normalnya 120/80 mmHg. Lalu untuk kolesterol usahakan nilainya kurang dari 100, sementara untuk gula darah sebaiknya berada pada rentang 80-126 gram/dL," imbuhnya.

No comments