Pria Pemalu yang Berharta Ratusan Triliunan, di Balik Raksasa eBay

Pria Pemalu yang Berharta Ratusan Triliunan, di Balik Raksasa eBay.


SilahkanSHARE.com | eBay dikenal sebagai situs lelang dan jual beli raksasa, yang populer di berbagai belahan dunia. Didirikan tahun 1995, eBay adalah pelopor era e-commerce. Website ini merupakan gagasan seorang pria low profile bernama Pierre Morad Omidyar.

Omidyar dikenal sosok pemalu, tak suka berkomentar dan jarang muncul di media. "Aku memang senang berada di bawah radar. Ketika aku jalan jalan di kota, aku ingin orang yang mengenal dan memanggilku adalah rekan di Starbucks," katanya suatu ketika.

Omidyar ini lahir di Paris 48 tahun lampau. Orang tuanya imigran asal Iran yang dikirim ke Prancis untuk kuliah. Ia hidup berkecukupan, ibunya akademisi terhormat dan sang ayah dokter. Saat Omidyar bocah, mereka pindah ke Amerika Serikat terkait pekerjaan sang ayah. Sayang, orang tua Omidyar kemudian cerai.

Ia tertarik pada dunia komputer sejak remaja dan meraih gelar sarjana Ilmu Komputer dari Tufts University. Sempat bekerja di beberapa perusahaan teknologi Silicon Valley, Omidyar mendirikan layanan lelang online di September 1995, yang awalnya dinamai Auction Web. Sebelum kemudian berganti nama menjadi eBay.

Tiga tahun kemudian, eBay melantai di bursa saham dan membuat Omidyar jadi miliuner di usianya yang baru 31 tahun. Saat ini, ia masih termasuk orang terkaya di AS dengan harta terkini diestimasi Forbes USD 7,5 miliar atau di kisaran Rp 104 Triliun.

Dikutip dari Detikinet [21/01/16]. Sejak awal, Omidyar lebih suka berada di belakang layar. "Aku bukan tipe pendiri merangkap CEO seperti Bill Gates atau Steve Jobs. Aku membangun perusahaan sampai titik tertentu dan jika sukses, kami akan membawa manajamen profesional. Skillku adalah melakukan inovasi dan menciptakan tapi agar berhasil, aku tahu kami butuh manajer sejati," jelasnya.

Tahun 1998, Omidyar menunjuk Meg Whitman sebagai CEO eBay. Whitman yang sekarang adalah CEO Hewlett Packard, dinilai sukses memimpin eBay di era awal itu. "Aku hanya memberi saran pada Meg di belakang layar. Dialah yang memimpin,"

Saat ini, Omidyar dan istrinya Pamela tinggal di Henderson, Nevada, dengan 3 anak mereka. Ia memiliki beberapa properti mewah, antara lain di Hawaii, tempat di mana dulu dia pernah tinggal beberapa lama.

Bersama sang istri, Omidyar memiliki yayasan amal bernama Omidyar Network. Yayasan ini telah menyumbangkan dana senilai ratusan juta dolar untuk berbagai organisasi nirlaba untuk meningkatkan taraf kehidupan manusia.

No comments