Kebiasaan yang Bisa Membuat Otak Anda Mati

Kebiasaan yang Bisa Membuat Otak Anda Mati.


SilahkanSHARE.com | Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan bentuk yang paling sempurna dari semua mahluk yang Ia ciptakan. Bukti kesempurnaan manusia sebagai ciptaan Tuhan yang paling sempurna adalah terletak pada otaknya yang paling sempurna alias lengkap. Otak manusia yang terdiri dari 100 miliar saraf yang masing-masing tersambung dengan 100 saraf lainnya. Maka dari itu otak disebut sebagai organ yang paling penting dan vital bagi manusia.

Otak sendiri jika dilihat dari ukurannya tidak seberapa besar, bahkan hanya bagian kecil dar tubuh ini, namun meskipun demikian perannya sangat penting, betapa hebatnya organ tubuh yang bernama otak itu. Namun meskipun perannya sangat vital bagi manusia, tak sedikit yang acuh terhadap kesehatan otak tersebut.

Dikutip dari ikhram.com, Jika kita masih ingin otak kita tetap sehat dan hidup, tinggalkan kebiasan-kebiasaan di bawah ini:

#1. Kebiasaan begadang


Begadang bagi manusia mungkin hal yang biasa, apa lagi kaula muda. Namun dari kegiatan begadang itu otomatis akan mengurangi jam istirahat(tidur) kita, akibatnya kita akan kurang tidur. Kurang tidur sangat berdampak buruk pada kesehatan tubuh yang juga akan berpengaru pada kesehatan otak. Jika telah demikian maka kita secara perlahan membunuh sel yang ada pada otak kita, perlu diketahui, bahwa tidur adalah cara terbaik untuk mengistirahatkan otak.

#2. Bekerja dalam keadaan sakit


Banyak sekali manusia yang memaksakan diri untuk menyelesaikan tugas/ pekerjaannya walau sedang sakit, bahkan saking dianggap pengtingnya pekerjaan itu, secara tidak sadar telah mengesampingkan kesehatan otak yang jauh lebih penting dari pekerjaan itu.

#3. Jarang bicara


“Diam adalah emas” yah begitu pepatah berbunyi, dan memang benar, namun diam bukan harus tidak berbicara, karena jika jarang berbicara sel-sel otak akan mati denga perlahan. Jadi, sebisa mungkin dalam sehari usahakan untuk berbicara/ berdiskusi utamanya yeng berkaitan dengan pengetahuan.

#4. Menutup kepala pada saat tidur


Jika anda terbiasa menutup kepala saat tidur, atau yang tidak bisa tidur jika tidak menutup kepala, segera tinggalkan kebiasaan tersebut. Karena jika tidak, otak anda akan berbahaya dengan konsentrasi karbondioksida yang ada dalam diri anda, karena jika kepala tertutup, saat anda bernafas, karbondioksida akan kembali ke dalam tubuh anda.

#5. Jarang merangsang pikiran


Berfikir adalah cara yang baik untuk melati agar otak berkembang. Jika anda jarang berfikir, maka anda membuat sel-sel otak anda bisa menyusut akhirnya akan mati karena tidak ada aktivitas yang membuat otak tersebut berkembang.

#6. Polusi


Otak sangat membutukan oksigen agar otak tetap terjaga kesehatannya. Namun jika udara yang kita hirup kotaor, maka akan berpengaruh juga pada otak yang akan mengakibatkan efisiensi kerja otak menurun termasuk anda yang perokok.

#7. Merokok


Perokok aktif maupun pasif tetap sama dalam hal mempengaruhi kesehatan otak. Karena zat kimia yang terkandung dalam rokok sangat berbahaya terhadap perkembangan otak, terutama sel yang ada dalam otak. Sel saraf otak akan menyusut terutama pada bagian hippocampus dan korteks depan, dua bagian tersebut berfungsi untuk menyimpan ingatan.

#8. Kurang mengkonsumsi makanan


Makan adalah asupan yang penting untuk kita. Utamanya pada pagi hari(sarapan). Otak yang memerlukan nutrisi yang cukup agar bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Maka jika kita terbiasa tidak sarapan, maka biasakannlah sarapan/ makan pagi agar kemampuan otak anda tidak mudah menurun.

#9. Jangan makan berlebihan


“Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang”, itula ajaran Rasululla SAW pada kita. Makan yang berlebihan bukan hanya tidak baik bagi tubuh, namun juga mempengaruhi kesehatan otak pula, yakni bisa membuat pembuluh darah di otak mengeras dan akhirnya menurunkan mental.

#10. Hindari mengkonsumsi gula berlebihan


Gula memang dibutukan oleh tubuh, namun jika terlalu banyak bisa berbahaya, terutama bagi otak. Mangkonsumsi gula yang berlebihan bisa mengakibatkan penyerapan nutrisi dan protein terganganggu dan akan mengakibatkan tubuh kekurangan gizi sehingga otakpun sulit berkembang.

#11. Jangan berfikir negatif


Berfikir memang sangat penting dan perlu dilakukan agar otak kita tidak kerdil dan beku. Namun jika anda berfikir dengan sisi yang negatif, maka anda telah membuat otak tersebut menjadi rusak, rusak dalam hal sisi positif dan rusak dalam perkembangan otak itu sendiri.

No comments