Kebanyakan Stres Bisa Memicu Diabetes Meningkat

Kebanyakan Stres Bisa Memicu Diabetes Meningkat.


SilahkanSHARE.com | Stres meningkatkan nafsu makan, terutama makanan tak sehat, sehingga disebut-sebut tak baik bagi kesehatan jantung dan organ lainnya. Namun studi baru-baru ini menyebutkan bahwa stres itu sendiri juga menjadi faktor risiko diabetes tipe 2.

Ya, studi yang dilakukan oleh Stanford University menemukan bahwa mereka yang sudah mulai stres sejak usia 18 tahun dan tak bisa mengontrolnya, maka risikonya untuk mengalami diabetes bisa meningkat hingga 50 persen.

Menurut studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Diabetologia, mengontrol stres merupakan faktor kunci dalam menurunkan perkembangan diabetes. Bahkan kontrol stres juga dikatakan sama pentingnya dengan diet sehat dan olahraga.

Dikutip dari health.detik.com[18/01/16]. "Temuan ini menunjukkan bahwa fungsi psikososial dan kemampuan untuk mengatasi stres memainkan peran jangka panjang penting dalam risiko untuk diabetes tipe 2," tulis para penulis.

Untuk penelitian ini, peneliti memeriksa grafik medis lebih dari 1,5 juta responden. Sebelumnya status risiko diabetes masing-masing responden diperiksa. Mereka kemudian menjalani standar penilaian psikologis untuk ketahanan stres. Selama studi, 34.008 orang didiagnosis dengan diabetes tipe 2.

Para peneliti menyimpulkan bahwa orang-orang dengan tingkat ketahanan stres yang rendah 51 persen lebih mungkin didiagnosis dengan diabetes, dibandingkan dengan mereka yang memiliki ketahanan stres tinggi.

No comments