4 Negara dengan Nilai Uang Lebih Rendah dari Rupiah

4 Negara dengan Nilai Uang Lebih Rendah dari Rupiah.


SilahkanSHARE.com | Dollar sedang melonjak tinggi? memang benar. Tapi tenang, masih ada beberapa negara yang nilai tukar uangnya lebih rendah dari Rupiah kok. Mana saja?

Tak bisa dipungkiri, mata uang Indonesia tidak terlalu kuat jika dibanding dengan mata uang asing kebanyakan. Tapi jangan berkecil hati dulu karena masih ada negara yang nilai tukarnya lebih rendah dari Rupiah.

Memang sih, rendahnya nilai tukar mata uang belum menentukan mahal atau murahnya traveling ke negara itu. Masih ada faktor lain seperti biaya hidup dan daya beli uang.

Tapi setidaknya, rendahnya nilai tukar mata uang bisa menjadi salah satu pertimbangan kita. Dikutip dari detik.travel.com  inilah 4 negara yang nilai tukarnya lebih rendah dari Rupiah:

#1. Belarus


Belarus merupakan sebuah negara yang berada di kasawan Eropa Timur. Negara dengan ibukota Minsk ini berbatasan dengan Rusia, Ukraina dan Polandia. Sebagai salah satu negara di Eropa Timur, Belarus tentu punya objek wisata yang identik dengan arsitektur antik.

Di sini juga terdapat aneka gereja dengan bentuk yang cantik. Ada pula museum, serta bukit yang menyajikan pemandangan indah. Siapa sangka, negara di Eropa seperti ini punya nilai tukar yang sedikit lebih rendah terhadap Rupiah.

Untuk 1 Rupiah, bisa ditukar dengan 1,1 Belarus Ruble. Tidak terlalu jauh memang, namun tetap lebih tinggi. Apalagi jika ditukar dalam jumlah yang sekaligus banyak.

#2. Iran


Banyak hal yang mempengaruhi kuat atau lemahnya nilai tukar uang di sebuah negara. Karena sering terkena sanksi internasional, perekonomian di Iran pun mau tak mau merosot turun.

Cukup tinggi dibanding Belarus, nilai tukar Rupiah ke Riyal Iran bisa mencapai 2 kali lipat. Untuk 1 Rupiah setara dengan 2,18 Iran Riyal. Dibanding negara tetangganya seperti Irak, Yaman dan Suriah.

#3. Sao Tome & Principe


Sebuah negara di kawasan Afrika Tengah bernama Sao Tome & Principe. Dengan ibukota bernama Sao Tome, negara kepulauan ini menawarkan aneka destinasi pesisir.

Bagi Anda yang kebetulan sedang liburan ke Afrika, tak ada salahnya melancong ke negara kecil ini. Untuk 1 Rupiahnya, bisa ditukar setara dengan 1,78 Sao Tome Dobra. Lumayan kan!

#4. Vietnam


Terakhir, adalah Vietnam. Negara ini berada di banyak wishlist wisatawan. Karena begitu banyak destinasi menarik yang bisa didatangi di sana.

Beberapa yang paling banyak didatangi adalah Kota Ho Chi Minh dan Hanoi. Vietnam seakan punya segalanya. Pantai cantiknya di Halong Bay, pegunungan indah di Sa Pa. Serta aneka kuil dan kuliner lezat di kota-kota besar tersebut.

Takkan boros saat liburan ke sana, karena Rupiah masih lebih kuat dibanding Dong Vietnam. Untuk 1 Rupiahnya bisa ditukar menjadi 1,67 Vietnam Dong. Jajan atau belanja sebanyak apapun, rasanya tetap lebih murah dibanding di Indonesia.

No comments